Langsung ke konten utama

Self Regulation by Adang Adha

Latih Self Regulation Anda

Self Regulation adalah Perilaku berorientasi tujuan yang dilakukan
individu, Perilaku mengontrol diri sendiri terutama dalam menuntun diri menampilkan perilaku tertentu yang sudah diharapkan oleh dirinya atau standar tertentu

Apa saja yang dikontrol? utamanya adalah Pikiran, Emosi, Perilaku impulsif. Dengan kata lain Self Regulated adalah kemampuan mengendalikan pikiran, emosi atau mood dan perilaku diri menurut standar atau ketentuan yang sudah ditetapkan oleh dirinya sendiri.

Anda seorang karyawan dan merasa sangat bosan dengan pekerjaan anda, anda jadi malas malasan dalam bekerja dan menampilkan performa yang renda. Walaupun demikian anda tau anda punya impian karir atau keinginan tertentu yang menuntut anda perlu dapat memotivasi diri sendiri, mengatasi rasa bosan diri dan menampilkan performa yang stabil dari waktu ke waktu.
Jika anda memiliki kecendrungan Self Regulation yang tinggi anda akan dapat dengan mudah untuk mengatasinya. Anda akan berusaha menemukan tantangan baru, belajar hal baru, melakukan evaluasi diri apa yang sudah efektif dan apa yang belum , lalu memperbaiki diri. Dengan segera anda mampu memotivasi diri kembali untuk semangat bekerja.

Dan juga sebaliknya. Jika Self Regulation anda rendah maka anda seolah tidak mampu mengatasi rasa bosan dalam bekerja, tidak mampu mengelola pikiran yang mendukung untuk meneruskan bermalas malasan karena bosan tadi. Anda lalu terjebak dalam perasaan dan perilaku yang anda tau anda tidak menginginkannya. Sebagian orang akan menyalahkan lingkungan, orang lain atau sistem di perusahaan atas Self Regulation nya yang rendah.

Seorang karyawan yang sudah 15 tahun berada di perusahaan namun tidak mengalami peningkatan karir yang signifikan. Sedangkan teman-teman yang masuknya bersamaan sudah menempati posisi-posisi strategis di perusahaan tersebut. Si Karyawan adalah individu yang cerdas dengan ide idenya yang cemerlang  namun Problem karyawan ini adalah tidak mampu mengelola moodnya dengan baik atau memiliki kecendrungan self regulation yang rendah. tentu saja perusahaan akan sangat beresiko jika mengangkat leader tipe seperti ini. Ia mulai menyalahkan perusahaan, mulai dari sistem penilaian di perusahaan yang jelek, training dan pengembangan karyawan yang buruk leadership support yang jelek dan lain sebagainya. Benar, memang sistem di perusahaan tidak sempurna, begitupun dengan leadernya. Namun Menyalahkan faktor eksternal juga bukan hal yang bijak untuk dilakukan.

Jika si Karyawan memutuskan untuk berhenti dan menjadi wirausaha sedangkan  ia belum menyadari bahwa ia perlu memiliki self regulation yang baik dan tidak pula melatihnya. Maka kemungkinan ia untuk gagal berwirausaha lebih tinggi. ataupun jika berhasil ia hanya bertahan tanpa ada peningkatan yang signifikan dalam bisnisnya. Padahal untuk menjadi pengusaha ia perlu memilki disiplin diri yang tinggi dan kemampuan self regulation yang baik pula.

Sebelum anda memutuskan untuk berhenti atau keluar dari perusahaan tempat anda bekerja sekarang dan bermimpi menjadi seorang Pengusaha sukses. Pastikan anda sudah memilki kualitas diri dan sikap pengusaha. Dalam artian jika anda ingin jadi pengusaha, latih Self Regulation anda, disiplin diri, kemampuan belajar dan semua sikap yang dibutuhkan. Bagaimana anda yakin anda bisa sukses diluar sana sebagai pengusaha jika anda belum membuktikan anda memiliki kualitas itu semua. Sedangkan anda di perusahaan yang sudah mapan saja tidak berhasil, bagaimana dengan bisnis yang tantangan dan tingkat ketidakpastiannya lebih tinggi?

Selamat Berahir Pekan

Salam

Adang Adha
BetterMind Coach | Behavior Programmer

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Melepaskan Processor Yang Menempel Pada Pendinginnya

Sempet 1 minggu lebih komputer di rumah sempet bermasalah. Komputer sering mati tiba-tiba sendiri tanpa ada pemberitahuan. Akhirnya aku putusin untuk membersihkan toh sudah lama juga gak aku bersihin ini komputer. Beberapa bagian memang sudah berdebu dan kotor namun masih dalam kondisi yang wajar. Namun ketika kubuka kipas processor betapa mengejutkanya seberapa kotor kipas ini. Lihat gambar di bawah ini :

Membuat Cover CD dengan Microsoft Word

Teman-teman pasti pernah merasa takut kehilangan data yang tersimpan di komputer oleh karena itu teman-teman memburning data mereka ke dalam CD. Kemudian memberikan nama di CD ataupun DVD itu yang mencerminkan isi dari file yang ada di dalamnya. Tapi apakah memberikan nama di CD dengan hanya menuliskan nama itu dengan spidol itu sudah cukup. Mas Hang rasa itu memang sangat simple dan cara yang cepat untuk memberikan nama. Namun bila CD ataupun DVD kita tadi sudah banyak maka akan memperlambat kita dalam mencari file yang kita butuhkan. Salah satu hal yang dapat mempermudahnya adalah dengan memberikan cover CD yang berbeda antara satu CD dengan CD yang lain. Lihat saja para penjual kaset CD di pinggir jalan. Merekan telah menerapkan ilmu manajemen file . Mereka dengan mudahnya menemukan apa yang kita karena apa yang dia jual telah diberikan cover yang menarik dan berbeda antara satu dengan yang lain. Nah bila Sahabat Arsip bertanya Bagaimana cara membuat cover CD itu Mas? Gampa

Nasi Goreng Pertama Buatanku

  Huuumt hari ini aku ditinggal oleh orang tua. Aku di rumah sendiri dengan adek. Lo sama adek jadinya gak sendiri dunk hihihihihi ^_^. Sepulang kerja aku mau beli makanan apa yah bingung deh rasanya akhirnya aku putuskan untuk langsung pulang saja dan menanyakan ke adeku apa yang dia mau untuk makan malam. Ada beberapa pilihan menu makanan yang aku tawarkan seperti sate ayam, bakso dan masih banyak lagi. Adek aku sih mintanya beli sate ayam dan dimakan di sana tapi aku kuk males yah untuk makan di sana. Jadinya aku tawarkan untuk bikin nasi goreng. Sebagai catatan aku belum pernah bikin nasi goreng sendiri .