Langsung ke konten utama

Membuat Cover CD dengan Microsoft Word

Teman-teman pasti pernah merasa takut kehilangan data yang tersimpan di komputer oleh karena itu teman-teman memburning data mereka ke dalam CD. Kemudian memberikan nama di CD ataupun DVD itu yang mencerminkan isi dari file yang ada di dalamnya. Tapi apakah memberikan nama di CD dengan hanya menuliskan nama itu dengan spidol itu sudah cukup. Mas Hang rasa itu memang sangat simple dan cara yang cepat untuk memberikan nama. Namun bila CD ataupun DVD kita tadi sudah banyak maka akan memperlambat kita dalam mencari file yang kita butuhkan. Salah satu hal yang dapat mempermudahnya adalah dengan memberikan cover CD yang berbeda antara satu CD dengan CD yang lain.

Lihat saja para penjual kaset CD di pinggir jalan. Merekan telah menerapkan ilmu manajemen file. Mereka dengan mudahnya menemukan apa yang kita karena apa yang dia jual telah diberikan cover yang menarik dan berbeda antara satu dengan yang lain. Nah bila Sahabat Arsip bertanya

Bagaimana cara membuat cover CD itu Mas?

Gampang kuk tak perlu menggunakan software yang canggih seperti Photoshop. Teman-teman cukup menggunakan program yang telah ada di komputer teman-teman semua yaitu Microsoft Office Word. Bila belum mempunyai softwarenya silakan download di sini.
Baiklah setelah teman-teman sudah selesai menginstal software Microsoft Office-nya selanjutnya ikuti langkah berikut :
  • Download template cover CD disini. Jangan lupa subscribe yah untuk mendapatkan artikel terbaru. Terima kasih
  • Buka file template yang telah rekan-rekan download tadi (ingat jangan mengubah settingan halaman yang sudah ada) ;-).
  • Terlihat sebuah lingkaran yang berbentuk CD. Lingkaran ini adalah batas cetak halaman cover CD.
  • Masukkan gambar yang ingin kamu jadikan sebagai cover dengan Insert - Picture - From File atau juga bisa melakukan Drag & Drop file gambar tersebut.
  • Setelah gambar tadi masuk ke dalam file word tadi. Kemudian klik pada gambar dan pilih menu Picture Tools yang berada pada menu Microsoft Word.
  • Atur Text Wrapping pada pilihan In Front of Text dan kemudian taruh gambar tersebut di belakang gambar lingkaran tadi dengan mengeklik Send to Back.
  • Sehingga karena lingkaran tadi agak transparan maka akan terlihata gambar yang dibelakang tadi. Atur posisi, panjang dan lebar gambar yang dibelakang tadi sesuai keinginan Anda agar nantinya ketika Anda cetak sesuai yang Anda inginkan.
  • Anda juga dapat menambahan tulisan teks agar mudah mengingatnya dengan mengklik Insert - Shape - Text Box.
  • Bila sudah selesai maka Ctrl + P namun jangan langsung Anda OK. Setting terlebih dahulu printer Anda pada Properties
  • Setelah Anda klik Properties maka akan keluar tampilan setting untuk printer atur halamannya dengan ukuran 12,7 cm x 12,7 cm.
  • Setelah ini langsung cetak aja brooooooooo :mrgreen:. Jangan lupa untuk menghapus lingkaran tadi atau menaruhnya di belakang gambar agar tidak ikut tercetak.

Bagi Anda yang sedang mencoba tutorial ini pertama kali mungkin akan kelihatan ribet namun Mas Hang akan beritahukan kenapa harus menggunakan Microsoft Word kenapa gak menggunakanan utility yang sudah tersedia di software burner seperti Nero.

Alasannya adalah : Pernah Mas Hang mencoba menggunakan utility yang tersedia di Nero. Namun pada Nero gambar tersebut akan langsung terpotong berbentuk lingkaran sehingga ketika kita cetak dan kertasnya itu masuknya terlambat maka hasil cetak tersebut tidak akan pas. Berbeda dengan yang Mas Hang contohkan tadi. Pada contoh Bang Arsip tadi karena tidak berbentuk lingkaran langsung maka hasil print pastinya akan melebihi dari batas lingkaran sehingga ukuran akan pas.
Selamat mencoba dan semoga berhasil yah :-). Saya tunggu komentarnya bila kurang paham dengan penjelasan yang saya tulis di atas.

Komentar

  1. Mav mas untuk kertasnya pake kertas apa mas? Maksih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pake kertas stiker yang bentuknya sama dengan cd, dapat dibeli di toko buku kok

      Hapus
  2. Balasan
    1. semoga membantu gan, bila bingung silakan bertanya

      Hapus
  3. Gan, bikinin lagi si, tapi lingkaranya warna putih aja :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang kenapa butuh yang lingkaran putih mas :-?

      Hapus
  4. Gan,buatkan saya cover CD yg ada tulisan Roihan Shop

    Kirim Covernya ke : muhammadsohiburroihanakbar@gmail.com

    BalasHapus
  5. UNTUK MENGUBAH WARNA LINGKARAN DASAR GIMANA GAN?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk lingkaran merah itu hanya untuk menentukan posisi. bila ingin mengganti warna tinggal insert-shape-box dan edit warnanya menjadi sesuai keinginan.
      Terima kasih sudah berkunjung :-)

      Hapus
  6. sama sama mas dikha semoga bila ada yang masih bingung saya dapat membantu

    BalasHapus
  7. Cara mencetaknya bgmna mas? Pke printer yg biasanya dipke mencetak kertas yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyah mas pake printer biasa, bila masih bingung silakan tanya lagi, maaf baru sempet balas, karena ada kesibukan yg cukup bnyk, terima kasih atas kunjungannya

      Hapus
  8. sip gan, udah ane coba berhasil,, terimaksih banyak gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. THX MAS UDAH MAMPIR, BILA BUTUH BNTUAN FILE FILE SERUPA SILAKAN REQUEST SAJA

      Hapus

Posting Komentar

Jangan Lupa Komentarnya Yah

Postingan populer dari blog ini

Cara Melepaskan Processor Yang Menempel Pada Pendinginnya

Sempet 1 minggu lebih komputer di rumah sempet bermasalah. Komputer sering mati tiba-tiba sendiri tanpa ada pemberitahuan. Akhirnya aku putusin untuk membersihkan toh sudah lama juga gak aku bersihin ini komputer. Beberapa bagian memang sudah berdebu dan kotor namun masih dalam kondisi yang wajar. Namun ketika kubuka kipas processor betapa mengejutkanya seberapa kotor kipas ini. Lihat gambar di bawah ini :

Nasi Goreng Pertama Buatanku

  Huuumt hari ini aku ditinggal oleh orang tua. Aku di rumah sendiri dengan adek. Lo sama adek jadinya gak sendiri dunk hihihihihi ^_^. Sepulang kerja aku mau beli makanan apa yah bingung deh rasanya akhirnya aku putuskan untuk langsung pulang saja dan menanyakan ke adeku apa yang dia mau untuk makan malam. Ada beberapa pilihan menu makanan yang aku tawarkan seperti sate ayam, bakso dan masih banyak lagi. Adek aku sih mintanya beli sate ayam dan dimakan di sana tapi aku kuk males yah untuk makan di sana. Jadinya aku tawarkan untuk bikin nasi goreng. Sebagai catatan aku belum pernah bikin nasi goreng sendiri .