Langsung ke konten utama

Cara Melepaskan Processor Yang Menempel Pada Pendinginnya

Sempet 1 minggu lebih komputer di rumah sempet bermasalah. Komputer sering mati tiba-tiba sendiri tanpa ada pemberitahuan. Akhirnya aku putusin untuk membersihkan toh sudah lama juga gak aku bersihin ini komputer. Beberapa bagian memang sudah berdebu dan kotor namun masih dalam kondisi yang wajar. Namun ketika kubuka kipas processor betapa mengejutkanya seberapa kotor kipas ini. Lihat gambar di bawah ini :

Gambar Pendingin Processor Yang Sangat Kotor
Seperti gambar diatas, terlihat pendingin sudah waktunya dibersihkan, sudah menumpuk kotoran. Asumsiku adalah ini yang sering menyebabkan ini komputer sering mati sendiri. Okay deh saatnya dilepas ini pendingin untuk dibersihkan. Namun apa yang terjadi ketika aku melepas pendingin. Yang terjadi adalah si otak pintar alias si precessor ikut terangkat. Processor lengket dengan pendingin. Mungkin processor tidak melekat sempurna pada pembersihan terakhirku. Sehingga ikut terangkat. Lihat gambarnya dibawah ini :
Gambar processor yang melekat/menempel dengan pendinginnya
So gimana nich lo dipaksa si otak pintar bakalan rusak. Baca artikel harus pake alkohol, wah orang Islam gak leh pake alkohol hehehehehe. So aku coba pake caraku sendiri :
  • Pertama gunakan cutter untuk membersihkan area di sekitar processor dengan menggunakan silet/cutter, tujuannya adalah untuk mencari sedikit celah antara processor dengan pendingin. Hati hati jangan menggunakan kekerasan dan dipaksa.
  • Kedua ambil mangkok yang tingginya melebihi pendingin tadi untuk diisi air dan merendam processor yang menempel pendingin tadi. Ingat tidak boleh tercelup semua. Hanya terendam sampe perbatasan processor dan pendingin yang lengket tadi. Karena aku gak tau apa yang terjadi kalo tercelup semua hahahahaha.
  • Rendam selama mungkin paling nggak 1-2 hari, dan keringkan 1-2 hari juga untuk memastikan bahwa sudah tidak ada air di processor, karena bahaya bila ada air si processor dipasang konslet deh akhirnya bye bye ^_^.
  • Langkah terakhir yang dibilang cukup berbahaya, ambil obeng minus dan palu kecil, arah ujung obeng minus ke sela processor dan mendingin yang melengket. Ucapkan bismillah dan kemudian pukulkan palu ke obeng minus tadi dengan perlahan tidak perlu pake kekerasan. Saat aku melakukan percobaan ini processor terlepat dengan mudah dalam 1 pukulan. Bila belum berhasil coba pukul perlahan lagi. Seperti terlihat pada gambar berikut :
  • Bila cara ini tidak berhasil monggo nyoba tanya Mbah Google barangkali ada cara lain. Sampe artikel ini ditulis aku belum menemukan cara detail. Hanya pernah mendengar menggunakan alkohol namun cara detailnya tidak dipaparkan.
  • Terkakhir ada baiknya bila processor sudah terlepas biarkan dahulu jangan terburu-buru memasang, takutnya masih ada sisa air yang dapat menyebabkan konslet. Kesabaran disini diuji.
Semoga apa yang aku share bermanfaat buat yang mengalami masalah yang sama denganku. Selain tips diatas, tipsnya lainnya adalah seringlah rawat komputer dan setiap kurang lebih 6 bulan sekali ganti pasta processor secara teratur agar tidak jadi lem kering seperti yang terjadi padaku. Good luck buat yang mau mencoba.

Postingan populer dari blog ini

Arti Kata "True"

Kata "True" memang sudah sering kita dengar di kehidupan sehari-hari kita. Bila kita membuka dalam Kamus Besar Bahasa Inggris kata "True" berarti benar. Namun kata "True" sendiri memiliki banyak pengertian yang berbeda selain yang baru saja Bang Arsip sebutkan barusan. Hal tersebut tergantung dari pasangan kata yang digunakan. Bang Arsip telah mengumpulkan beberapa kata yang biasa dipasangkan dengan kata "True"

Membuat Cover CD dengan Microsoft Word

Teman-teman pasti pernah merasa takut kehilangan data yang tersimpan di komputer oleh karena itu teman-teman memburning data mereka ke dalam CD. Kemudian memberikan nama di CD ataupun DVD itu yang mencerminkan isi dari file yang ada di dalamnya. Tapi apakah memberikan nama di CD dengan hanya menuliskan nama itu dengan spidol itu sudah cukup. Mas Hang rasa itu memang sangat simple dan cara yang cepat untuk memberikan nama. Namun bila CD ataupun DVD kita tadi sudah banyak maka akan memperlambat kita dalam mencari file yang kita butuhkan. Salah satu hal yang dapat mempermudahnya adalah dengan memberikan cover CD yang berbeda antara satu CD dengan CD yang lain.

Lihat saja para penjual kaset CD di pinggir jalan. Merekan telah menerapkan ilmu manajemen file. Mereka dengan mudahnya menemukan apa yang kita karena apa yang dia jual telah diberikan cover yang menarik dan berbeda antara satu dengan yang lain. Nah bila Sahabat Arsip bertanya
Bagaimana cara membuat cover CD itu Mas? Gampang kuk t…

Tips Manajemen File dan Data yang Baik di Komputer

Bagi orang kantoran khususnya yang bekerja di depan komputer tentunya sudah setiap hari kita disodori pekerjaan mengetik yang cukup banyak. File yang kita ketik kemudian kita simpan dalam folder tertentu. Namun cara menyimpan hanya dengan save ke folder tertentu sudah efektif dilakukan ? Apakah file yang kita simpan itu setelah beberapa bulan akan mudah ditemukan lagi bila kita mencari ? Karena berbicara soal administrasi maka kita akan berkutat dengan manajemen file dan data. Di mana data itu harus tersimpan di tempatnya (berdasarkan fungsi, golongan, lokasi, dll) dan mampu untuk ditemukan bila sewaktu-waktu kita memerlukannya.

Berawal dengan kesulitan saya sewaktu menjadi seorang administrasi (background saya sebenarnya adalah di teknik komputer) ketika berkutat dengan banyak data di kantor yang mulai bikin pusing kepala. Kemudian saya berpikir dan mencari solusi yang terbaik. Setelah saya bertanya kepada Mbah Google dan mendapat masukan pula dari atasan saya maka saya dapat mengamb…