Langsung ke konten utama

Cara Melepaskan Processor Yang Menempel Pada Pendinginnya

Sempet 1 minggu lebih komputer di rumah sempet bermasalah. Komputer sering mati tiba-tiba sendiri tanpa ada pemberitahuan. Akhirnya aku putusin untuk membersihkan toh sudah lama juga gak aku bersihin ini komputer. Beberapa bagian memang sudah berdebu dan kotor namun masih dalam kondisi yang wajar. Namun ketika kubuka kipas processor betapa mengejutkanya seberapa kotor kipas ini. Lihat gambar di bawah ini :

Gambar Pendingin Processor Yang Sangat Kotor
Seperti gambar diatas, terlihat pendingin sudah waktunya dibersihkan, sudah menumpuk kotoran. Asumsiku adalah ini yang sering menyebabkan ini komputer sering mati sendiri. Okay deh saatnya dilepas ini pendingin untuk dibersihkan. Namun apa yang terjadi ketika aku melepas pendingin. Yang terjadi adalah si otak pintar alias si precessor ikut terangkat. Processor lengket dengan pendingin. Mungkin processor tidak melekat sempurna pada pembersihan terakhirku. Sehingga ikut terangkat. Lihat gambarnya dibawah ini :
Gambar processor yang melekat/menempel dengan pendinginnya
So gimana nich lo dipaksa si otak pintar bakalan rusak. Baca artikel harus pake alkohol, wah orang Islam gak leh pake alkohol hehehehehe. So aku coba pake caraku sendiri :
  • Pertama gunakan cutter untuk membersihkan area di sekitar processor dengan menggunakan silet/cutter, tujuannya adalah untuk mencari sedikit celah antara processor dengan pendingin. Hati hati jangan menggunakan kekerasan dan dipaksa.
  • Kedua ambil mangkok yang tingginya melebihi pendingin tadi untuk diisi air dan merendam processor yang menempel pendingin tadi. Ingat tidak boleh tercelup semua. Hanya terendam sampe perbatasan processor dan pendingin yang lengket tadi. Karena aku gak tau apa yang terjadi kalo tercelup semua hahahahaha.
  • Rendam selama mungkin paling nggak 1-2 hari, dan keringkan 1-2 hari juga untuk memastikan bahwa sudah tidak ada air di processor, karena bahaya bila ada air si processor dipasang konslet deh akhirnya bye bye ^_^.
  • Langkah terakhir yang dibilang cukup berbahaya, ambil obeng minus dan palu kecil, arah ujung obeng minus ke sela processor dan mendingin yang melengket. Ucapkan bismillah dan kemudian pukulkan palu ke obeng minus tadi dengan perlahan tidak perlu pake kekerasan. Saat aku melakukan percobaan ini processor terlepat dengan mudah dalam 1 pukulan. Bila belum berhasil coba pukul perlahan lagi. Seperti terlihat pada gambar berikut :
  • Bila cara ini tidak berhasil monggo nyoba tanya Mbah Google barangkali ada cara lain. Sampe artikel ini ditulis aku belum menemukan cara detail. Hanya pernah mendengar menggunakan alkohol namun cara detailnya tidak dipaparkan.
  • Terkakhir ada baiknya bila processor sudah terlepas biarkan dahulu jangan terburu-buru memasang, takutnya masih ada sisa air yang dapat menyebabkan konslet. Kesabaran disini diuji.
Semoga apa yang aku share bermanfaat buat yang mengalami masalah yang sama denganku. Selain tips diatas, tipsnya lainnya adalah seringlah rawat komputer dan setiap kurang lebih 6 bulan sekali ganti pasta processor secara teratur agar tidak jadi lem kering seperti yang terjadi padaku. Good luck buat yang mau mencoba.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Cover CD dengan Microsoft Word

Teman-teman pasti pernah merasa takut kehilangan data yang tersimpan di komputer oleh karena itu teman-teman memburning data mereka ke dalam CD. Kemudian memberikan nama di CD ataupun DVD itu yang mencerminkan isi dari file yang ada di dalamnya. Tapi apakah memberikan nama di CD dengan hanya menuliskan nama itu dengan spidol itu sudah cukup. Mas Hang rasa itu memang sangat simple dan cara yang cepat untuk memberikan nama. Namun bila CD ataupun DVD kita tadi sudah banyak maka akan memperlambat kita dalam mencari file yang kita butuhkan. Salah satu hal yang dapat mempermudahnya adalah dengan memberikan cover CD yang berbeda antara satu CD dengan CD yang lain. Lihat saja para penjual kaset CD di pinggir jalan. Merekan telah menerapkan ilmu manajemen file . Mereka dengan mudahnya menemukan apa yang kita karena apa yang dia jual telah diberikan cover yang menarik dan berbeda antara satu dengan yang lain. Nah bila Sahabat Arsip bertanya Bagaimana cara membuat cover CD itu Mas? Gampa

Nasi Goreng Pertama Buatanku

  Huuumt hari ini aku ditinggal oleh orang tua. Aku di rumah sendiri dengan adek. Lo sama adek jadinya gak sendiri dunk hihihihihi ^_^. Sepulang kerja aku mau beli makanan apa yah bingung deh rasanya akhirnya aku putuskan untuk langsung pulang saja dan menanyakan ke adeku apa yang dia mau untuk makan malam. Ada beberapa pilihan menu makanan yang aku tawarkan seperti sate ayam, bakso dan masih banyak lagi. Adek aku sih mintanya beli sate ayam dan dimakan di sana tapi aku kuk males yah untuk makan di sana. Jadinya aku tawarkan untuk bikin nasi goreng. Sebagai catatan aku belum pernah bikin nasi goreng sendiri .