Manfaat Dari Blogwalking

Blogwalking, itu adalah kata yang sudah tidak asing lagi bagi kalian para blogger. Namun bagi beberapa orang awam masih belum terlalu paham apa sich blogwalking itu ? Blogwalking dari kata blog : blog dan walking : berjalan-jalan. Jadi pengertian dari blogwalking adalah berjalan-jalan dari satu blog ke blog yang lain. Bila kita jalan-jalan di mall dan melihat baju, sepatu, atau bahkan cewek cantik pasti kita akan berkomentar. Begitu pula dengan blogwalking, kita berjalan-jalan dari satu blog ke blog yang lain dan meninggalkan komentar di sana.
Trus apa manfaat dari blogwalking itu sendiri mas ?
Berdasarkan pengalaman saya (gayanya kayak sudah banyak pengalaman saja, padahal masih newbie). Ada beberapa manfaat dari blogwalking (baik itu bagi para blogger ataupun bagi orang yang hanya sekedar berkunjung) :

  1. Meningkatkan pengunjung blog : ini adalah manfaat yang dapat dirasakan oleh para blogger. Dengan kita melakukan komentar di sana-sini pasti tentunya akan ada saat dimana orang lain akan membaca komentar kita dan kemudian melakukan klik di nama kita pada komentar itu yang akhirnya akan menuju ke blog kita. Nah tanpa sadar orang tersebut telah mengunjungi blog kita. Entah dia sengaja atau tidak sengaja mengklik yang penting dia sudah berkunjung ke blog kita. Setelah itu tinggal masalah artikel kita menarik atau tidak. Bila menarik dia akan lanjut membaca artikel kita.
  2. Menambah wawasan : ini adalah manfaat yang dapat dirasakan oleh pengunjung blog. Dengan berjalan-jalan dari satu blog ke blog lain tentunya dia akan disuguhkan dengan beraneka macam blog dengan tema tulisan, desain blog, dan artikel yang berbeda-beda di setiap blog. Walaupun ada juga para blogger yang suka copas (copy paste) artikel orang lain.
  3. Sebagai apresiasi atau kritik bagi blogger itu sendiri : orang yang memberikan komentar di artikel kita adalah wujud apresiasi atau bahkan kritik terhadap artikel kita. Bagi saya komentar adalah wujud feedback sehingga saya dapat lebih banyak memberikan tulisan yang lebih baik dari waktu ke waktu. Bayangkan saja Anda sedang memasak. Pasti tentunya Anda ingin mendengar apakah masakan Anda sudah pas atau belum ? Komentar atas masakan Anda akan sangat berarti bagi Anda untuk dapat meningkatkan kemampuan memasak Anda.
  4. Sebagai jejaring sosial : dengan blogwalking Anda juga dapat menambah teman Anda di dunia maya. Menurut saya blog itu bisa digunakan untuk jejaring sosial. Contohnya :ada kemiripan antara Wordpress dengan Facebook. Salah satunya mengenai berkomentar. Ketika kita berkomentar di Facebook dan dibalas komentar kita, maka akan keluar pemberitahuan bahwa komentar kita telah dibalas. Begitu pula dengan di Wordpress juga akan keluar pemberitahuan ketika komentar kita dibalas.

     
Itulah sedikit manfaat dari Blogwalking yang dapat saya sampaikan. Sekian terima kasih.

INSTAGRAM FEED

@soratemplates