Langsung ke konten utama

Weekend Februari 2014 Yang Berat

Akhirnya sampai juga diujung Februari tahun 2014. Menengok sebulan lalu atau lebih tepatnya 1 minggu terakhir dari bulan tersingkat diantara bulan yang lain ini, banyak sekali kejadian yang terjadi. Kebanyakan kejadian tersebut menguji kesabaranku sebagai seorang insan manusia biasa yang tak luput dari kesalahan. Ternyata tak semudah ucapan di bibir :

"Bila ada 100 alasan buatmu bersedih, berikan 1000 alasan untuk buatmu senang"


Menemukan 1000 alasan untuk buat diri ini merasa bahagia bukanlah hal yang mudah rupanya. Namun aku selalu ingat pelajaran dari sebuah kegagalan. Seperti halnya Thomas Alva Edison yang menemukan bola lampu setelah banyak gagal melakukan percobaan. Sebenarnya dia tidak gagal namun dia berhasil mengetahui cara yang salah dalam penciptaan bola lampu. Begitu pula kesalahan yang kulakukan belakangan ini. Itu bukanlah sebuah kesalahan namun ku telah menemukan cara yang salah dalam melakukan tugas/pekerjaan.

Mesti kuakui aku sering berbuat salah dan terkadang diri ini gak mau disalahkan. Selalu ada "Excuse" untuk membela diri. Namun setelah 9 bulan dengan atasan yang baru aku sadar akan satu hal. Beliau selalu berkata, "Well apapun itu." Itu bukanlah kalimat bahwa beliau tidak peduli, namun kalimat itu adalah kalimat yang menuntut akan sebuah solusi. Seperti bahan diskusi lalu di Mild Camp :

"Janganlah konsen terhadap kelemahan anak buah/rekan kerja kita, konsenlah pada kelebihannya. Kembangkan kelebihannya dan beri solusi terhadap kelemahannya."

Dunia cinta dan dunia pekerjaan sebenarnya mempunyai kesamaan. Kita termasuk saya terkadang masih konsen dengan apa yang menjadi kelemahan pasangan / rekan kerja kita. Kok si dia gitu sich, kok gak begini sich ? Ingat tidak ada manusia terlahir secara sempurna. Seperti apa yang tertulis di buku "Menyibak Rahasia Dunia Kecil dalam Pikiran" bahwa :
 "Untuk bahagia itu kita gak butuh orang lain. Perasaan bahagia itu kita dapat dari standar bahagia yang kita buat, bila standar bahagia terlalu tinggi dan kita tidak mencapainya maka yang terjadi adalah kekecewaan"
Oleh karena itu walau banyak kejadian yang terasa berat terjadi di sekitar kita mulai dari pasangan yang kok gini dan gitu, rekan kerja yang susah diajak cooperative, dll. Asalkan kita memiliki standar bahagia yang cukup simple, maka hari-hari akan kita lalui dengan ringan. Berikut tips yang mungkin membantu buat sahabat semua yang merasa selalu hidupnya berat banget :
  • Buang jauh-jauh pemikiran kok gini sich kok gitu sich, mulailah cari solusi agar tidak jadi gini dan gitu doank. Seperti halnya dalam dunia pekerjaan ada seorang karyawan yang mengeluh kok manajemennya seperti ini kok gak seperti itu. Mestinya si karyawan tersebut ikut andil bagian dalam menyelesaikan masalah tersebut. "Talk Less, Do More !!!"
  • Ada tips lainnya tidak dari Sahabat ?

Postingan populer dari blog ini

Arti Kata "True"

Kata "True" memang sudah sering kita dengar di kehidupan sehari-hari kita. Bila kita membuka dalam Kamus Besar Bahasa Inggris kata "True" berarti benar. Namun kata "True" sendiri memiliki banyak pengertian yang berbeda selain yang baru saja Bang Arsip sebutkan barusan. Hal tersebut tergantung dari pasangan kata yang digunakan. Bang Arsip telah mengumpulkan beberapa kata yang biasa dipasangkan dengan kata "True"

Membuat Cover CD dengan Microsoft Word

Teman-teman pasti pernah merasa takut kehilangan data yang tersimpan di komputer oleh karena itu teman-teman memburning data mereka ke dalam CD. Kemudian memberikan nama di CD ataupun DVD itu yang mencerminkan isi dari file yang ada di dalamnya. Tapi apakah memberikan nama di CD dengan hanya menuliskan nama itu dengan spidol itu sudah cukup. Mas Hang rasa itu memang sangat simple dan cara yang cepat untuk memberikan nama. Namun bila CD ataupun DVD kita tadi sudah banyak maka akan memperlambat kita dalam mencari file yang kita butuhkan. Salah satu hal yang dapat mempermudahnya adalah dengan memberikan cover CD yang berbeda antara satu CD dengan CD yang lain.

Lihat saja para penjual kaset CD di pinggir jalan. Merekan telah menerapkan ilmu manajemen file. Mereka dengan mudahnya menemukan apa yang kita karena apa yang dia jual telah diberikan cover yang menarik dan berbeda antara satu dengan yang lain. Nah bila Sahabat Arsip bertanya
Bagaimana cara membuat cover CD itu Mas? Gampang kuk t…

Tips Manajemen File dan Data yang Baik di Komputer

Bagi orang kantoran khususnya yang bekerja di depan komputer tentunya sudah setiap hari kita disodori pekerjaan mengetik yang cukup banyak. File yang kita ketik kemudian kita simpan dalam folder tertentu. Namun cara menyimpan hanya dengan save ke folder tertentu sudah efektif dilakukan ? Apakah file yang kita simpan itu setelah beberapa bulan akan mudah ditemukan lagi bila kita mencari ? Karena berbicara soal administrasi maka kita akan berkutat dengan manajemen file dan data. Di mana data itu harus tersimpan di tempatnya (berdasarkan fungsi, golongan, lokasi, dll) dan mampu untuk ditemukan bila sewaktu-waktu kita memerlukannya.

Berawal dengan kesulitan saya sewaktu menjadi seorang administrasi (background saya sebenarnya adalah di teknik komputer) ketika berkutat dengan banyak data di kantor yang mulai bikin pusing kepala. Kemudian saya berpikir dan mencari solusi yang terbaik. Setelah saya bertanya kepada Mbah Google dan mendapat masukan pula dari atasan saya maka saya dapat mengamb…