• Kamis, 26 September 2013

    Apa itu Power Supply ?


    Dalam dunia perkomputeran kita sering mendengar processor, motherboard dan memory. Kalian pasti sudah mengetahui 3 benda yang aku sebutin barusan. Tapi aku yakin pasti kalian jarang mendengar tentang power supply.

    Apa sich power supply itu mas ?

    Power supply adalah bagian dalam komputer yang berfungsi menyuplai tegangan ke komponen - komponen lain dari komputer. Power supply juga biasa disebut dengan power conversion karena fungsi utama dari power supply adalah mengubah  arus listrik bolak - balik / AC (arus listrik yang dari PLN) menjadi arus searah /DC. Kenapa harus diubah menjadi DC. Hal itu dikarenakan komponen elektronika yang ada dalam komputer itu hanya membutuhkan DC.


    Ada 2 metode untuk konversi arus listrik AC dan DC yang sering digunakan :

    Linear Power Supply

    Ini adalah rangkaian AC ke DC yang sangat sederhana sekali. Setelah listrik AC dari line input di-stepdown (diturunkan) oleh transformer, kemudian dijadikan DC secara sederhana dengan rangkaian empat diode penyearah. Ada juga komponen tambahan lain seperti kapasitor untuk meratakan tegangan dan tambahan komponen lain yang mungkin disertakan sesuai yang diinginkan, meski daya output yang dibutuhkan bertambah.

    Metode Linear Power Supply ini dapat ditemukan pada DC power adapter sederhana. Perangkat ini memungkinkan untuk diproduksi dengan ongkos yang minimum, namun memiliki kelemahan pada tingkat power conversion yang memiliki efisiensi rendah. Dan juga dibutuhkan ukuran sebuah transformaer yang besar untuk kebutuhan ampere yang besar. Juga tingkat efisiensi konversi yang rendah (sekitar 50%) yang dapat menyebabkan keluarnya hawa panas besar saat beroperasi.

    Switching Power Supply

    Ini yang dipakai pada semua PSU PC saat ini. Rangkaian switching ini membutuhkan daya besar dengan tingkat panas yang minim dan tegangan yang stabil, jauh lebih kompleks, tapi menawarkan tingkat efisiensi dan daya yang lebih besar. Kelebihan utamanya ada pada kemampuan mengendalikan tegangan output agar tetap terjaga yang disebut dengan teknologi Pulse Width Modulation (PWM). PWM adalah sinyal utama yang memberikan perintah, untuk mengendalikan tegangan, sekiranya terjadi perubahan beban pada output.

    Sumber : Komputek

    Baca Juga Tips Memilih Power Supply Yang Baik

    Penulis : Hanggar PS Lokasi : Jawa Timur, Indonesia

    Photograper and Graphic Designer Capture Your Best Moments - Setiap momen dalam kehidupan akan menjadi sebuah kenangan. Abadikan setiap momen bahagia kalian untuk dikenang di masa yang akan datang