Langsung ke konten utama

Libur Lebaran 2013

1 Minggu lebih ayahmu libur lebaran di tahun 2013 ini nak. Namun lebaran di tahun ini terasa berbeda daripada di tahun sebelumnya. Hal tersebut dikarenakan ayahmu tidak mudik bertemu dengan sanak saudara yang nan jauh di Propinsi Jawa Tengah. Ada senang dan ada enggaknya. Senangnya ayah tidak harus berlama-lama duduk di atas kuda besi dan menempuh perjalanan yang cukup jauh yang membutuhkan stamina yang kuat dan pantat yang prima :D hihihihihi. Tidak senangnya adalah suasana lebaran di Sukorejo, Jawa Timur tak semeriah di Magelang ataupun Sukoharjo. Ada banyak budaya yang sangat berbeda seperti :

  1. Di Sukorejo pada saat bulan Ramadhan, ketika waktu saur tak semeriah dan serame seperti di Sukoharjo. Orang-orang gugah-gugah saur biasa-biasa aja . Bila di Sukoharjo hmmmmmm rame banget. Lo sudah bulan Ramadhan nak banyak sekolah-sekolah dari SD-SMP akan banyak kehilangan tong sampahnya. Hal itu diambil alias dicuri alias dimaling (jangan ditiru) yang nantinya akan dibuat menjadi drum dan dipasang di gerobak. Uihhh pokokknya rame banget wis nak. Nanti bila ada fotonya ayah kasih tua nak.
  2. Saat lebaranpun di sini aneh nak, banyak anak-anak hingga orang dewasa yang gak kenal sama sekali tiba-tiba datang ke rumah. Katanya sich mau silaturahmi tapi sebenarnya hanya cari uang saku lebaran. K'lo masih anak-anak sich mendingan karena belum tau malu pi bila sudah dewasa sungguh terlalu memalukan. Lebaran disini seperti ajang ngemis dari satu rumah ke rumah yang lain.

Disamping lebaran yang kurang meriah di sini ada hal yang sangat disayangkan. Pasalnya selama 1 minggu lebih ayahmu just at home alias di rumah aja gak bisa kemana mana. Hal tersebut dikarenakan kakekmu yang sedang sakit. Bila engkau bertanya sakit apa ? Beliau sakit paru-paru. Ya jelas sajalah lah orang rokoknya saja seperti kereta api yang melaju terus karena tidak ada lampu lalu lintas yang menghalangi. Pesanku buat engkau anakku janganlah engkau nanti ketika dewasa merokok. Ancaman bahaya yang tertulis dalam bungkus rokok bahwa rokok dapat menyebabkan gangguan kesehatan itu bukanlah main-main.

Namun meskipun libur lebaran ini tidak semeriah seperti biasanya, ayah tetap masih bisa bersyukur karena masih bisa diberikan kesempatan oleh Sang Pencipta untuk bertemu dengan bulan Ramadhan

Postingan populer dari blog ini

Arti Kata "True"

Kata "True" memang sudah sering kita dengar di kehidupan sehari-hari kita. Bila kita membuka dalam Kamus Besar Bahasa Inggris kata "True" berarti benar. Namun kata "True" sendiri memiliki banyak pengertian yang berbeda selain yang baru saja Bang Arsip sebutkan barusan. Hal tersebut tergantung dari pasangan kata yang digunakan. Bang Arsip telah mengumpulkan beberapa kata yang biasa dipasangkan dengan kata "True"

Membuat Cover CD dengan Microsoft Word

Teman-teman pasti pernah merasa takut kehilangan data yang tersimpan di komputer oleh karena itu teman-teman memburning data mereka ke dalam CD. Kemudian memberikan nama di CD ataupun DVD itu yang mencerminkan isi dari file yang ada di dalamnya. Tapi apakah memberikan nama di CD dengan hanya menuliskan nama itu dengan spidol itu sudah cukup. Mas Hang rasa itu memang sangat simple dan cara yang cepat untuk memberikan nama. Namun bila CD ataupun DVD kita tadi sudah banyak maka akan memperlambat kita dalam mencari file yang kita butuhkan. Salah satu hal yang dapat mempermudahnya adalah dengan memberikan cover CD yang berbeda antara satu CD dengan CD yang lain.

Lihat saja para penjual kaset CD di pinggir jalan. Merekan telah menerapkan ilmu manajemen file. Mereka dengan mudahnya menemukan apa yang kita karena apa yang dia jual telah diberikan cover yang menarik dan berbeda antara satu dengan yang lain. Nah bila Sahabat Arsip bertanya
Bagaimana cara membuat cover CD itu Mas? Gampang kuk t…

Tips Manajemen File dan Data yang Baik di Komputer

Bagi orang kantoran khususnya yang bekerja di depan komputer tentunya sudah setiap hari kita disodori pekerjaan mengetik yang cukup banyak. File yang kita ketik kemudian kita simpan dalam folder tertentu. Namun cara menyimpan hanya dengan save ke folder tertentu sudah efektif dilakukan ? Apakah file yang kita simpan itu setelah beberapa bulan akan mudah ditemukan lagi bila kita mencari ? Karena berbicara soal administrasi maka kita akan berkutat dengan manajemen file dan data. Di mana data itu harus tersimpan di tempatnya (berdasarkan fungsi, golongan, lokasi, dll) dan mampu untuk ditemukan bila sewaktu-waktu kita memerlukannya.

Berawal dengan kesulitan saya sewaktu menjadi seorang administrasi (background saya sebenarnya adalah di teknik komputer) ketika berkutat dengan banyak data di kantor yang mulai bikin pusing kepala. Kemudian saya berpikir dan mencari solusi yang terbaik. Setelah saya bertanya kepada Mbah Google dan mendapat masukan pula dari atasan saya maka saya dapat mengamb…