Air Terjun Kakek Bodo, Prigen, Pasuruan, Jawa Timur

Air Terjun Kakek Bodo
Lama sudah Mas Hang tinggal di kota Pasuruan, namun baru kemarin tanggal 25 Mei 2013 mengunjungi wisata air di kota ini. Buat warga Tretes, Prigen dan Pandaan sekitarnya pasti sudah tidak asing lagi dengan yang wisata air yang satu ini. Wisata air ini dijuluki Air Terjun Kakek Bodo.

Kira-kira rekan-rekan ada yang tau gak sejarahnya kenapa dijuluki dengan Air Terjun Kakek Bodo ?

Air Terjun ini diberi nama Kakek Bodo lantaran dulu ada seorang kakek-kakek yang bekerja sebagai seorang pembantu rumah tangga di keluarga Belanda. Kakek ini termasuk orang yang jujur dan saleh. Suatu ketika sang kakek pergi meninggalkan keluarga Belanda ini dengan alasan ingin mensucikan diri meninggalkan masalah keduniawian dengan bertapa. Karena sikapnya tersebut maka keluarga Belanda tersebut menyebutnya sebagai kakek yang bodoh (KAKEK BODO). Itulah sejarah mengapa air terjun ini dijuluki dengan sebutan "Air Terjun Kakek Bodo". Sahabat Arsip semua dapat menjumpai sejarah ini di makam Kakek Bodo letaknya di dalam area wisata.

Lalu Mas lokasinya "Air Terjun Kakek Bodo" ini dimana yah ?

Rekan-rekan dapat melihat peta berikut ini. Bila rekan-rekan dari Perempatan Srikandi Pandaan langsung aja cari arah Surabaya. Dari terminal Pandaan lurus dikit melewati 2 perempatan kemudian belok kiri atau tanya warga sekitar arah Tretes atau Candi Jawi. Karena nantinya kita juga akan melewati Candi Jawi dalam perjalanan ke Tretes. Perjalanan lurus ini cukup jauh dengan jalanan yang cukup menanjak. Jadi hati-hati yah buat rekan-rekan yang ingin berkunjung. Pelan-pelan saja biar selamat, toh air terjunnya gak akan kemana-mana kok. Setelah perjalanan yang cukup menanjak rekan-rekan akan menemukan pertigaan dimana banyak tukang ojek biasanya disitu. Ambil lajur kiri. Karena lajur kanan adalah arah ke Trawas. Bila sudah ambil lajur kiri ikuti terus jalan ini, Maka rekan-rekan akan sampai di tujuan. Pintu masuknya nanti ada di kanan jalan dan cukup menanjak untuk ke area parkirnya. So keep cool and safe :!: :!: :!:


Lihat Air Terjun Kakek Bodo, Prigen, Pasuruan di peta yang lebih besar

Lalu tiket masuknya berapa Mas ?

Terakhir Mas Hang ke sana tiket masuknya Rp 10.000,- & untuk parkir Rp 4.000.- so totalnya jadi Rp 14.000-. Mahal jua yah untuk parkirnya, kan parkir biasanya cuman Rp 1.000,-. Tapi tak apalah yang penting happy :-)

Pertanyaan terakhir Mas Hang, mana nich foto-fotonya kan pengen tau gitu, masa cerita doank gak pake foto ?

Oh jangan khawatir Mas Hang kan selalu membuat review diikuti dengan foto, sama aja boong lo review gak pake foto itu. Nich buat rekan-rekan semua beberapa foto di Air Terjun Kakek Bodo :
Pertama dimulai dengan tempat pembelian karcis
Loket Pembelian Karcis Air Terjun Kakek Bodo
Loket Pembelian Karcis
Setelah kita masuk maka di kanan loket tadi rekan-rekan akan dapat melihat papan petunjuk jalan. Cukup jauh lo dari loket menuju ke area air terjun yaitu 500 meter.
Petunjuk Arah Air Terjun Kakek Bodo
Papan Petunjuk Arah di Kakek Bodo
Dengan perjalanan yang cukup jauh rekan-rekan tidak perlu takut capek dan merasa bosan karena nanti dalam perjalanan ada banyak pemandangan menarik seperti :

Terdapat jalan setapak yang cukup asyik dan unik untuk dijadikan tempat berfoto-foto.
Jalan Setapak Air Terjun Kakek Bodo
Jalan Setapak di Kakek Bodo
Terdapat pula pemandangan yang indah di kolam renang, lo Mas Hang sendiri yang menjadikannya indah karena ada bunga yang indah seperti yang terlihat di foto, tapi lo rekan-rekan nantinya yah gak tau bunga yang merah ini atau bunga yang sedang berenang hahahahahaha :D.
Bunga di Pinggir Kolam Renang Kakek Bodo
Bunga di sekitar kolam renang
Rekan-rekan juga dapat menemukan keluarga kera yang sakinah mawadah dan warahmah yang ada di sekitar lingkungan kakek bodo. Hati-hati jangan menggoda si kera yah karena sudah berkeluarga hihihihihi :D.
Keluarga Kera Kakek Bodo
Keluarga kera yang sakinah, mawadah & warahmah
Hahahahahaha hanya bercanda saja. Bila itu masih belum bisa menghilangkan rasa bosan bisa ikut cara Mas Hang ngilangin rasa bosan yaitu dengan narsis :-)
Mas Hang Narsis di Jembatan Kakek Bodo
Mas Hang sedang narsis di Jembatan Kakek Bodo
Foto yang diatas itu di jembatan di bawah jembatan ini ada aliran sungai yang asyik jua lo buat foto dan bersantai.
Air Terjun Kakek Bodo 05
Aliran sungai di bawah jembatan
Selanjutnya setelah melintasi jembatan, rekan-rekan dapat melihat di sebelah kanan terdapat makam Kakek Bodo, dan seperti yang Mas Hang ceritakan di awal disini rekan-rekan dapat membaca sejarah singkat tentang Air Terjun Kakek Bodo.
Makam Kakem Bodo
Makam Kakek Bodo
Sejarah Air Terjun Kakek Bodo
Sejarah Singkat Kakek Bodo
Buat rekan-rekan yang mau kesana disarankan jangan sendiri pasalnya nanti akan mengalami kegalauan kayak Mas Hang.  Karena disana banyak orang pacaran cuyyyyyy :(
Air Terjun Kakek Bodo
Banyak orang pacaran di Kakek Bodo
Setelah perjalanan yang cukup jauh terbayar sudah ketika sampai di TKP, sayang ketika di sana terlalu banyak orang jadi tidak dapat menikmati bener. So disarankan bila berkunjung kesana jangan ketika hari libur.
Air Terjun Kakek Bodo
Air Terjun Kakek Bodo
Air Terjun Kakek Bodo
Air Terjun Kakek Bodo
Terakhir dan paling penting rekan-rekan jangan lupa shalat yah. Tenang ada musholanya kok disini
Mushola Air Terjun Kakek Bodo
Mushola Kakek Bodo

Selamat Berkunjung

INSTAGRAM FEED

@soratemplates