Langsung ke konten utama

L.I.M.A

Bulan lalu tepatnya hari Jumat tanggal 18 Mei 2013. Di tempat kerjanya Mas Hang dilaksanakan Training "L.I.M.A".

Maksudnya apa Mas ?

L.I.M.A disini berarti ada 5 point penting yang ingin disampaikan pada training ini. Training ini adalah termasuk training motivasi. Sangat jarang buat Mas Hang untuk ikut dalam kegiatan training sebagai peserta. Karena biasanya Mas Hang sebagai seksi dokumentasi saja. Dulu sich Mas Hang berpikir lo ketika jadi seksi dokumentasi sama saja kita ikut menjadi peserta. Ternyata berbeda. Bila kita menjadi peserta kita lebih bisa menghayati maksud dari training tersebut.

Contohnya saja dalam "Training L.I.M.A" kemarin diadakan game puzzle. Di game ini dibuat beberapa kelompok dari peserta yang hadir.
Setelah itu semua kelompok berlomba-lomba untuk menyusun puzzle secara cepat. Dalam game ini.diberikan 2 panduan yang perlu diperhatikan dalam menyusun puzzle :
  • 3 rahasia dimiliki oleh orang lain.
  • Untuk menang jangan abaikan orang lain.
Pertama Mas Hang gak NGEH apa sich maksud dari petunjuk diatas. Namun setelah menyusun puzzle dan hampir selesai ternyata ada 3 keping puzzle yang tidak cocok. Langsung saja teringat akan panduan game tadi. Jadi makna 3 keping puzzle yang berbeda ini dimiliki oleh orang lain, maka jangan abaikan orang lain dan segeralah cari 3 kepingan yang cocok di kelompok lain. Untungnya pada saat itu baru kelompok kami yang menyadari akan maksud dari 2 panduan game yang diberikan sehingga ketika kami melalukan barter kepingan yang berbeda kepada kelompok lain sangatlah mudah. Dan akhirnya kelompok Mas Hang menjadi kelompok pertama yang berhasil menyelesaikan game puzzle ini.

Juara Merangkai Puzzle
Setelah kami berhasil menyelesaikan puzzle duluan dengan menukarkan 3 kepingan puzzle yang berbeda kepada kelompok lain. Kelompok lain pun akhirnya menyadari makna dari panduan game tadi. Namun untuk barter puzzle kali ini sangatlah susah. Karena mereka mulai menyadari bahwa membiarkan kelompok lain untuk barter berarti membiarkan kelompok lain itu menang. Pasalnya mereka akan mengajak barter tatkala tinggal 3 sisa puzzle berbeda. Jadi bila 3 puzzle yang berbeda itu berhasil mereka tukarkan berarti mereka akan menang.

Di sinilah game ini semakin seru dengan rayuan dan pemaksaan agar kelompok lain mau diajak bertukar puzzle. Sebagian orang dari kelompok lain bahkan ada yang berusaha mencuri puzzle yang sedang disembunyikan. Uhmmmmm sebegitukah inginnya menang sampai harus berbuat seperti itu.

30 menit waktu yang diberikan oleh trainer untuk menyelesaikan puzzle akhirnya habis. Ada 2 kelompok yang tidak mampu menyelesaikan puzzle sesuai dengan waktu yang diberikan. Trainer segera mengumumkan siapa yang menang dan yang kalah pada game ini. Pikirku ya pasti kelompok kami yang menang karena kelompok kamilah yang pertama kali bisa menyelesaikan game secara cepat. Namun ternyata salah pemenang game puzzle ditentukan berdasarkan poin yang diterima. Poin dihitung dari :
  • Seberapa cepat kita menyelesaikan puzzle.
  • Seberapa dermanwan Anda memberikan kepingan puzzle yang hilang ke kelompok lain.
  • Seberapa baikkah Anda mau membantu kelompok lain yang belum selesai.
Setelah dihitung perolehan poin yang didapat ternyata kelompokku yang dapat menyelesaikan puzzle duluan tidak menjadi pemenang. Justru kelompok yang tidak berhasil menyelesaikan puzzlenya yang akhirnya memenangkan. Karena apa ? karena mereka berbaik hati terhadap kelompok lain mau diajak bertukar puzzle.

Dari hal diatas dapat diambil beberapa kesimpulan :
  • Pertama menyelesaikan suatu tantangan bukan berarti kita menjadi pemenang.
  • Kita tidak dapat menjadi seorang pemenang kalau tidak mendapat bantuan dari orang lain, maka bantulah orang lain agar mereka menjadi pemenang, karena sejatinya menjadi pemenang bersama itu jauh lebih indah. TIDAK ADA YANG SIA SIA DI DUNIA INI !!!

Komentar

Posting Komentar

Jangan Lupa Komentarnya Yah

Postingan populer dari blog ini

Membuat Cover CD dengan Microsoft Word

Teman-teman pasti pernah merasa takut kehilangan data yang tersimpan di komputer oleh karena itu teman-teman memburning data mereka ke dalam CD. Kemudian memberikan nama di CD ataupun DVD itu yang mencerminkan isi dari file yang ada di dalamnya. Tapi apakah memberikan nama di CD dengan hanya menuliskan nama itu dengan spidol itu sudah cukup. Mas Hang rasa itu memang sangat simple dan cara yang cepat untuk memberikan nama. Namun bila CD ataupun DVD kita tadi sudah banyak maka akan memperlambat kita dalam mencari file yang kita butuhkan. Salah satu hal yang dapat mempermudahnya adalah dengan memberikan cover CD yang berbeda antara satu CD dengan CD yang lain. Lihat saja para penjual kaset CD di pinggir jalan. Merekan telah menerapkan ilmu manajemen file . Mereka dengan mudahnya menemukan apa yang kita karena apa yang dia jual telah diberikan cover yang menarik dan berbeda antara satu dengan yang lain. Nah bila Sahabat Arsip bertanya Bagaimana cara membuat cover CD itu Mas? Gampa

Cara Melepaskan Processor Yang Menempel Pada Pendinginnya

Sempet 1 minggu lebih komputer di rumah sempet bermasalah. Komputer sering mati tiba-tiba sendiri tanpa ada pemberitahuan. Akhirnya aku putusin untuk membersihkan toh sudah lama juga gak aku bersihin ini komputer. Beberapa bagian memang sudah berdebu dan kotor namun masih dalam kondisi yang wajar. Namun ketika kubuka kipas processor betapa mengejutkanya seberapa kotor kipas ini. Lihat gambar di bawah ini :

Tips Cara Memperbaiki Icloud Yang Gagal Login

Mendengar kata iPhone tentunya langsung terbesit dalam pikiran ini adalah smartphone flagship dan elegan. iPhone merupakan salah satu ponsel yang diidam idamkan karena dari sisi mewahnya. Mas Hang secara pribadi setuju dengan ini, menurut saya iPhone versi berapapun dari iPhone 4, 4s, 5, 5s, 5c hingga iPhone 6 dan 6s memiliki sisi kemewahan tersendiri. Dengan sisi mewahnya ini tentunya harga iPhone tergolong cukup mahal untuk kita kaum ekonomi menengah ke bawah untuk memiliki ponsel yang satu ini. Sehingga banyak peminat dari ekonomi menengah ke bawah lebih memilih untuk membeli iPhone second hand. Dan tentunya untuk semua barang second hand kita harus pandai dan jeli memilih serta mengecek kondisi fisik dan software ponsel itu. Dalam 5 menit ini Mas Hang akan sharingkan pengelaman membeli iPhone second hand, serta beberapa tips ringan untuk menyelesaikan problem yang timbul. Silakan duduk santai cermati tiap kalimatnya, dan apabila ada yang ditanyakan bisa kirim via komentar.