Langsung ke konten utama

Resolusi Presentasi 2012



Dalam bekerja tentunya kita sering membuat laporan kepada atasan kita. Laporan yang kita buat tak sekedar hanya kita sodorkan kepada atasan kita dalam sebuah file. Kita sebagai bawahan wajib mempresentasikan file tersebut dalam sebuah power point.Katakan dalam bekerja ada 2 orang Manajer HRD dan 1 Direktur HRD, Manajer yang A mempresentasikan tentang ketenagakerjaan dan Manajer B mempresentasikan tentang gaji.
Dan ternyata di HRD tersebut terdapat file master yang berisi master file semua yang terkumpul menjadi satu baik tentang ketenagakerjaan dan gaji. Bila master tersebut disimpan oleh masing-masing Manajer tentunya pasti akan terjadi perubahan data yang berbeda antara Manajer A dan Manajer B. Maka perlu dibuat suatu sistem agar data itu hanya ada 1 dan bisa diakses oleh 2 orang Manajer tersebut.
Untuk mengatasi agar data tersebut hanya ada 1 dan bisa diakses oleh 2 orang Manajer tadi maka kita dapat memanfaatkan internet. Kita dapat menggunakan feature yang dimiliki Windows Live Account yang disebut Skydrive. Skydrive adalah media penyimpanan online dari Microsoft Corporation sebesar 25 Gigabyte. Kapasitas 25 GB saya rasa cukup bila hanya untuk menyimpan file doc, xls, dan ppt yang kita butuhkan untuk presentasi. Menariknya, Skydrive tak hanya mampu menyimpan file tadi namun juga mampu untuk menampilkan file tadi sesuai dengan editan kita. Misalkan file tadi adalah file power point maka kita dapat menampilkannya untuk slideshow seperti ketika slideshow di komputer kita langsung. Masalah kelancaran transisi slide itu tergantung kepada koneksi internet yang kita punya. File doc pun bisa tampil persis seperti di Microsoft Word dan kita juga diberikan ijin untuk mengeditnya secara langsung. Sehingga bila ketika meeting dan kita harus melakukan pengeditan terhadap suatu file kita dapat mengeditnya secara langsung. Misal Manajer A yang mengedit Manajer B tak perlu mengedit juga untuk tetap menyamakan file masternya karena file master hanya 1. Sehingga keputusan untuk menggunakan Skydrive saya rasa tepat. Berikut cara untuk menyimpan file di Skydrive dan membuat hyperlink di Power Pointnya :


Demikian artikel ini dibuat. semoga bermanfaat untuk membantu kelancaran Anda dalam presentasi nantinya. Sekian terima kasih.

Postingan populer dari blog ini

Arti Kata "True"

Kata "True" memang sudah sering kita dengar di kehidupan sehari-hari kita. Bila kita membuka dalam Kamus Besar Bahasa Inggris kata "True" berarti benar. Namun kata "True" sendiri memiliki banyak pengertian yang berbeda selain yang baru saja Bang Arsip sebutkan barusan. Hal tersebut tergantung dari pasangan kata yang digunakan. Bang Arsip telah mengumpulkan beberapa kata yang biasa dipasangkan dengan kata "True"

Membuat Cover CD dengan Microsoft Word

Teman-teman pasti pernah merasa takut kehilangan data yang tersimpan di komputer oleh karena itu teman-teman memburning data mereka ke dalam CD. Kemudian memberikan nama di CD ataupun DVD itu yang mencerminkan isi dari file yang ada di dalamnya. Tapi apakah memberikan nama di CD dengan hanya menuliskan nama itu dengan spidol itu sudah cukup. Mas Hang rasa itu memang sangat simple dan cara yang cepat untuk memberikan nama. Namun bila CD ataupun DVD kita tadi sudah banyak maka akan memperlambat kita dalam mencari file yang kita butuhkan. Salah satu hal yang dapat mempermudahnya adalah dengan memberikan cover CD yang berbeda antara satu CD dengan CD yang lain.

Lihat saja para penjual kaset CD di pinggir jalan. Merekan telah menerapkan ilmu manajemen file. Mereka dengan mudahnya menemukan apa yang kita karena apa yang dia jual telah diberikan cover yang menarik dan berbeda antara satu dengan yang lain. Nah bila Sahabat Arsip bertanya
Bagaimana cara membuat cover CD itu Mas? Gampang kuk t…

Tips Manajemen File dan Data yang Baik di Komputer

Bagi orang kantoran khususnya yang bekerja di depan komputer tentunya sudah setiap hari kita disodori pekerjaan mengetik yang cukup banyak. File yang kita ketik kemudian kita simpan dalam folder tertentu. Namun cara menyimpan hanya dengan save ke folder tertentu sudah efektif dilakukan ? Apakah file yang kita simpan itu setelah beberapa bulan akan mudah ditemukan lagi bila kita mencari ? Karena berbicara soal administrasi maka kita akan berkutat dengan manajemen file dan data. Di mana data itu harus tersimpan di tempatnya (berdasarkan fungsi, golongan, lokasi, dll) dan mampu untuk ditemukan bila sewaktu-waktu kita memerlukannya.

Berawal dengan kesulitan saya sewaktu menjadi seorang administrasi (background saya sebenarnya adalah di teknik komputer) ketika berkutat dengan banyak data di kantor yang mulai bikin pusing kepala. Kemudian saya berpikir dan mencari solusi yang terbaik. Setelah saya bertanya kepada Mbah Google dan mendapat masukan pula dari atasan saya maka saya dapat mengamb…