Langsung ke konten utama

Marilah Berbagi Status Yang Positif di Sosial Media

Menuliskan status di sosial media memang mengasyikkan. Saya termasuk salah satu orang dari sekian banyak masyarakat di Indonesia yang menikmati keasyikkan memperbaharui status di sosial media. Entah itu memperbaharui status berupa tulisan ataupun status berupa foto saat kita melakukan sebuah kegiatan di suatu tempat bersama sahabat atau seseorang yang spesial.

Mengapa menuliskan hal yang sedang kita lakukan yang mungkin sifatnya pribadi ke dunia maya sifatnya publik menjadi sesuatu yang mengasyikkan ?

Yah inilah jaman modern di era jaman yang semakin digital semua serba praktis hal tersebut justru mengurangi kamampuan sosial kita sebagai manusia. Perhatian dan nasehat dulu kita dapatkan melalui hubungan sosial ini perlahan mulai pudar. Akhirnya membuat kita mencari sebuah perhatian dengan cara yang lebih praktis dan mudah yakni melalui sosial media di dunia maya.


Sehingga meng-update status sebenarnya adalah wujud diri kita sebagai makhluk sosial yang butuh perhatian dari manusia lainnya. Kita memperharui status berharap untuk mendapatkan like banyak atau komentar pujian yang oke oke walaupun terkadang bisa juga berakhir menjadi sebuah caci makian dari netizen lainnya.

Jadi sebelum memperharui status di sosial media rekan-rekan perlu berpikir atau bisa sebut juga THINK (Thinking, Helpful, Inspiring, Necessary, Kind)

Think
Pikirkanlah baik-baik apa yang rekan-rekan mau tuliskan. Kita sudah dianugerahi oleh Allah otak untuk berpikir. Jadi berdayakanlah anugerah pemberian itu sebaik mungkin dan semaksimal mungkin

Helpful
Apakah status yang akan kita sharingkan di sosial media akan mempunyai manfaat membantu orang lain. Bila tidak membantu orang lain dan malam membawa masalah lebih baik jangan buat update status seperti itu.
Contoh Helpful Status :
  • Status tentang pengobatan, membantu orang lain yang sedang sakit dan ingin menemukan obatnya
  • Status tentang rute jalan menuju suatu tempat,membantu orang lain yang sedang kesulitan untuk mengakses suatu daerah tertentu
  • Status resep makanan, membantu orang lain yang ingin belajar memasak
  • dll

Inspiring
Apakah status yang akan kita sharingkan di sosial media nantinya dapat membuat orang lain terinspirasi untuk melakukan hal-hal inspiratif seperti yang kita lakukan. Tentunya hal yang inspiratif tersebut adalah hal yang bersifat positif.
Contoh Inspiring Status :
  • Pengalaman tentang keberhasilan mencapai sesuatu
  • Pengalaman tentang berbagi kepada orang lain
  • dll

Necessary
Apakah status yang akan kita sharingkan di sosial media nantinya itu memang perlu untuk disharingkan.
Contoh Necessary Status :
  • Pengalaman dan tips kehilangan suatu barang
  • dll

Kind
Apakah status yang akan kita sharingkan di sosial media nantinya adalah status yang kecenderungan membawa kebaikan dan kebahagiaan.
Contoh Kind Status :
  • Status motivasi
  • Status humor
  • dll
So mulai dari sekarang yuk rekan-rekan untuk mulai berbagi status yang membantu, inspiratif, bahagia dan lucu. Kurangi status yang kurang bermanfaat dan mengeluh yang cenderung akan membuat sampah di dinding dan beranda orang lain dan bisa mendapat caci maki dan kalimat negatif.
Status yang positif akan membawa kebaikan bagi pembuatnya, sedangkan status yang negatif tentunya akan mendatangkan hal yang buruk pula. Manfaatkan perkembangan teknologi yang semakin canggih dan praktis dengan bijak yah.

Salam Pagi Yang Hangat,

- Hanggar PS -


Postingan populer dari blog ini

Arti Kata "True"

Kata "True" memang sudah sering kita dengar di kehidupan sehari-hari kita. Bila kita membuka dalam Kamus Besar Bahasa Inggris kata "True" berarti benar. Namun kata "True" sendiri memiliki banyak pengertian yang berbeda selain yang baru saja Bang Arsip sebutkan barusan. Hal tersebut tergantung dari pasangan kata yang digunakan. Bang Arsip telah mengumpulkan beberapa kata yang biasa dipasangkan dengan kata "True"

Membuat Cover CD dengan Microsoft Word

Teman-teman pasti pernah merasa takut kehilangan data yang tersimpan di komputer oleh karena itu teman-teman memburning data mereka ke dalam CD. Kemudian memberikan nama di CD ataupun DVD itu yang mencerminkan isi dari file yang ada di dalamnya. Tapi apakah memberikan nama di CD dengan hanya menuliskan nama itu dengan spidol itu sudah cukup. Mas Hang rasa itu memang sangat simple dan cara yang cepat untuk memberikan nama. Namun bila CD ataupun DVD kita tadi sudah banyak maka akan memperlambat kita dalam mencari file yang kita butuhkan. Salah satu hal yang dapat mempermudahnya adalah dengan memberikan cover CD yang berbeda antara satu CD dengan CD yang lain.

Lihat saja para penjual kaset CD di pinggir jalan. Merekan telah menerapkan ilmu manajemen file. Mereka dengan mudahnya menemukan apa yang kita karena apa yang dia jual telah diberikan cover yang menarik dan berbeda antara satu dengan yang lain. Nah bila Sahabat Arsip bertanya
Bagaimana cara membuat cover CD itu Mas? Gampang kuk t…

Tips Manajemen File dan Data yang Baik di Komputer

Bagi orang kantoran khususnya yang bekerja di depan komputer tentunya sudah setiap hari kita disodori pekerjaan mengetik yang cukup banyak. File yang kita ketik kemudian kita simpan dalam folder tertentu. Namun cara menyimpan hanya dengan save ke folder tertentu sudah efektif dilakukan ? Apakah file yang kita simpan itu setelah beberapa bulan akan mudah ditemukan lagi bila kita mencari ? Karena berbicara soal administrasi maka kita akan berkutat dengan manajemen file dan data. Di mana data itu harus tersimpan di tempatnya (berdasarkan fungsi, golongan, lokasi, dll) dan mampu untuk ditemukan bila sewaktu-waktu kita memerlukannya.

Berawal dengan kesulitan saya sewaktu menjadi seorang administrasi (background saya sebenarnya adalah di teknik komputer) ketika berkutat dengan banyak data di kantor yang mulai bikin pusing kepala. Kemudian saya berpikir dan mencari solusi yang terbaik. Setelah saya bertanya kepada Mbah Google dan mendapat masukan pula dari atasan saya maka saya dapat mengamb…