• Minggu, 12 Juli 2015

    Pelajaran Tentang Segmen Pasar


    Malam ini aku belajar hal yang menarik tentang marketing. Sekedar info saja, Mas Hanggar ini termasuk dalam Tim Marketing Di Lokatara Organizer (sebuah lembaga/organisasi penyedia training dan outbound di Jawa Timur). Jadi begini ceritanya kebetulan aku mau menjual kamera nikon D7000. Dari satu group ke group yang lain di facebook aku menawarkan kameraku. Kamera Nikon D7000 merupakan kamera dengan level kelas semi profesional dan bukanlah barang yang biasa dimiliki oleh orang yang masih pemula dalam belajar dunia fotografi. Tentunya ketika aku menawarkan ini akan menarik perhatian pembeli dari kalangan para pecinta fotografi yang sudah menjadikan fotografi sebagai profesi bukan hanya sekedar hobi. Ini terlihat dari beberapa orang telah mengkontakku ingin memilik produk ini untuk bisnis.
    Hal yang menarik disini adalah misal aku memiliki 2 buah kamera satu di level semi proffesional dan satu kamera yang lain di level pemula. Usaha dan energi yang kulakukan untuk media promosi adalah sama. Namun hasil yang diperoleh beda. Untuk level pemula akan cukup menguras tenaga karena harus bertemu dengan pembeli yang masih awam. Kita harus menjelaskan detail dan tentunya tingkat minat mereka terhadap dunia fotografi jauh lebih rendah. Minat yang rendah ini membuat mereka masih ragu ragu dalam membeli barang ini. Walau di level pemula kamera dslr masih tergolong barang mahal. Sedangkan untuk di level semi profesional rata rata mereka sudah mengetahui produk ini. Tau kelebihan dan kekekurangan dari produk ini. Kita tidak harus menjelaskan secara rinci dari kemampuan produk ini layak di level pemula. Dan ketika harga deal tentunya semi profesional membuahkan keuntungan yang jauh lebih besar.

    Oww disinilah yang dinamakan segmen pasar. Beberapa pekan lalu diajarkan di pelatihan marketing lokatara bahwa menjual produk training yang lebih expert dengan harga diatas 2juta jauh lebih menguntungkan dibandingkan kita hanya menjual produk seminar sehari dengan harga 200rb. Karena usaha marketing di level 2jt jauh lebih sedikit dibandingkan di level 200rb. Di level 200rb kita harus bisa mencapai suatu kuota entajlh itu 50 oramg peserta atau lebih baru bisa dikatakan untung atau balik modal. Bayangkan saja kita mendapatkan 5 orang peserta di angka 3jt dengan 50 orang diangka 150rb lebih mudah mana dalam penyelenggaran pelatihan dan follow up peserta pelatihannya. Lebih mudah yang 5 orang kan. Kuncinya adalah kita tahu segment produk/jasa yang akan kita jual. Semoga sharing saya bermanfaat ^_^

    Penulis : Hanggar PS Lokasi : Jawa Timur, Indonesia

    Photograper and Graphic Designer Capture Your Best Moments - Setiap momen dalam kehidupan akan menjadi sebuah kenangan. Abadikan setiap momen bahagia kalian untuk dikenang di masa yang akan datang