Langsung ke konten utama

Troublesome With My Memory

Sudah Gak Kuat

Terjadi walau hanya sesaat namun berkali-kali setiap hari. Losing memory-lah yang Mas Hang maksudkan di sini. Hilang ingatan ini adalah musuh yang sangat sulit diperangi olehku. Dulu sich ketika Mas Hang masih duduk di kelas 5 SD, guru agama pernah bilang bahwa lupa itu adalah nikmat. Pi lo menurut Mas Hang gak enak dech. Karena banyak momen-momen yang walau hanya sesaat namun itu penting dan itu terlupakan begitu saja. Entah memang ada yang salah dengan otakku atau ada penyebab lain. Well apapun itu alasannya hal ini sungguh MEMUAKKAN. Banyak masalah yang muncul dengan losing memory ini :


Masalah Keluarga :
Hal ini sering terjadi di tiap pagi dan hal tersebut dikarenakan aku selalu lupa meletakkan kunci motor, sehingga pagi selalu ribut kebingungan mencari kunci motor. Padahal tiap pulang kerja aku sudah berusaha mengingat dimana aku harus meletakkan kunci motor. Aku sudah mencoba untuk meletakkan dalam satu tempat namun masih saja lupa terkadang bahkan sering tidak kuletakkan di tempat yang sama.

Masalah Kantor :
Ini adalah hal yang kukhawatirkan sekali. Apa jadinya bila lupa meletakkan file penting dimana. Huuuhhh mengerikan. Banyak sich hal yang sering kulupakan di sini. Mulai dari job task yang terkadang lupa untuk kuselesaikan. Sudah kucoba untuk menuliskannya, namun ternyata belum optimal. Pengerjaan file yang sudah rutin tiap bulan pun aku terkadang masih sering lupa bagaimana caranya :(. Alhasil perfomanceku kurang maksimal.

Masalah Pacal :
Daya ingatku yang mulai berkurang ini paling berakibat parah ke hubunganku dengan si doi. Aku sering berantem dengannya karena telat balas sms. Aku tau sich bahwa ada sms masuk, tapi untuk balas kadang sudah kuketik tapi lupa belum aku send ternyata. Atau bahkan ketika aku sudah in ke pekerjaan aku lupa tidak kontak dia sama sekali. Dan masih banyak lagi hal-hal yang aku sering lupa dan hal tersebut membuat hubunganku kurang sehat.

Masalah Pribadi :
Masalah pribadiku berhubungan dengan Sang Pencipta. Ketika aku melaksanakan ibadah shalat sendiri, aku sering sekali lupa rakaat berapa aku sekarang. Sering kuulang berkali-kali gara-gara aku lupa rakaat berapa ini.

Masalah datang dari sana-sini akibat dari daya ingatku yang melemah. Aku berharap banget ingatanku emas ketika masih duduk di bangku SD bisa kembali. Dulu ketika aku diajarkan kata-kata dalam Bahasa Inggris sekali aku mengetahui kata tersebut aku sudah tau arti kata itu dan kuingat sampai sekarang. Andai ingatan emas itu kembali aku sangat bersyukur. Buat rekan-rekan yang sering mengalami lupa ingatan seperti aku ada beberapa saran yang mungkin bisa membantu rekan-rekan lebih mudah mengingat :
  • Pertama - Tulis Yang Kalian Akan & Sudah Lakukan : Menuliskan history aktivitas rekan-rekan pastinya akan sangat membantu agar lebih mudah mengingat. Walaupun cara ini belum berhasil secara optimal di Mas Hang, namun Mas Hang yakin bahwa setidaknya cara ini sedikit mengurangi jumlah ingatan yang terlupakan.
  • Kedua - Jangan Menunda Pekerjaan : Bila rekan-rekan memiliki daya ingat yang rendah jangan pernah menunda pekerjaan. Seperti contonya Mas Hang yang sudah tau dapet SMS dari si doi karena kutunda sebentar akhirnya sampai satu jam bisa belum SMS tersebut.
  • Ketiga - Letakkan Satu Tempat : Letakkan benda dari hari ke hari pada satu tempat. Jangan meletakkan benda ke tempat yang tidak biasa benda tersebut letakkan. Agar rekan-rekan tidak kebingungan karena lupa meletakkan benda
Semoga catatan kecilku ini dapat bermanfaat bagi rekan-rekan semua. Jangan biarkan momen-momen penting dalam kehidupan rekan-rekan hilang begitu saja. Setiap momen tersebut bagaikan sebuah kepingan puzzle, sendangkan Anda adalah puzzle-nya. Setiap momen bersana keluarga, bersama pacar, atau bersama rekan kerja itu sangatlah penting apabila terdapat satu momen yang hilang maka diri Anda bukanlah sebuah puzzle utuh yang dapat dilihat sempurna.

Postingan populer dari blog ini

Arti Kata "True"

Kata "True" memang sudah sering kita dengar di kehidupan sehari-hari kita. Bila kita membuka dalam Kamus Besar Bahasa Inggris kata "True" berarti benar. Namun kata "True" sendiri memiliki banyak pengertian yang berbeda selain yang baru saja Bang Arsip sebutkan barusan. Hal tersebut tergantung dari pasangan kata yang digunakan. Bang Arsip telah mengumpulkan beberapa kata yang biasa dipasangkan dengan kata "True"

Membuat Cover CD dengan Microsoft Word

Teman-teman pasti pernah merasa takut kehilangan data yang tersimpan di komputer oleh karena itu teman-teman memburning data mereka ke dalam CD. Kemudian memberikan nama di CD ataupun DVD itu yang mencerminkan isi dari file yang ada di dalamnya. Tapi apakah memberikan nama di CD dengan hanya menuliskan nama itu dengan spidol itu sudah cukup. Mas Hang rasa itu memang sangat simple dan cara yang cepat untuk memberikan nama. Namun bila CD ataupun DVD kita tadi sudah banyak maka akan memperlambat kita dalam mencari file yang kita butuhkan. Salah satu hal yang dapat mempermudahnya adalah dengan memberikan cover CD yang berbeda antara satu CD dengan CD yang lain.

Lihat saja para penjual kaset CD di pinggir jalan. Merekan telah menerapkan ilmu manajemen file. Mereka dengan mudahnya menemukan apa yang kita karena apa yang dia jual telah diberikan cover yang menarik dan berbeda antara satu dengan yang lain. Nah bila Sahabat Arsip bertanya
Bagaimana cara membuat cover CD itu Mas? Gampang kuk t…

Tips Manajemen File dan Data yang Baik di Komputer

Bagi orang kantoran khususnya yang bekerja di depan komputer tentunya sudah setiap hari kita disodori pekerjaan mengetik yang cukup banyak. File yang kita ketik kemudian kita simpan dalam folder tertentu. Namun cara menyimpan hanya dengan save ke folder tertentu sudah efektif dilakukan ? Apakah file yang kita simpan itu setelah beberapa bulan akan mudah ditemukan lagi bila kita mencari ? Karena berbicara soal administrasi maka kita akan berkutat dengan manajemen file dan data. Di mana data itu harus tersimpan di tempatnya (berdasarkan fungsi, golongan, lokasi, dll) dan mampu untuk ditemukan bila sewaktu-waktu kita memerlukannya.

Berawal dengan kesulitan saya sewaktu menjadi seorang administrasi (background saya sebenarnya adalah di teknik komputer) ketika berkutat dengan banyak data di kantor yang mulai bikin pusing kepala. Kemudian saya berpikir dan mencari solusi yang terbaik. Setelah saya bertanya kepada Mbah Google dan mendapat masukan pula dari atasan saya maka saya dapat mengamb…