Langsung ke konten utama

5 Tips Ampuh Menjadi Pedagang Sukses

Diantara sekian banyak pekerjaan yang ada di dunia, berdagang adalah salah satu pekerjaan yang dianjurkan oleh Rosululloh. Berdagang adalah proses jual beli antar penjual dan pembeli.  Namun masih banyak dari kita termasuk Mas Hang sendiri :D yang masih enggan untuk memulai pekerjaan yang satu ini dikarenakan beberapa alasan seperti keuntungan yang tidak pasti tiap harinya, resiko kerugian yang cukup tinggi, dsb.

Namun bila kita terus berpikiran seperti itu maka kita tidak akan menjadi pedagang yang sukses. Untuk menjadi pedagang yang sukses hal pertama kali yang perlu kita lakukan adalah ATM (Amati Tiru Modifikasi) sikap para pedagang sukses.


Lalu bagaimanakah sikap dari seorang pedagang sukses itu Mas ?

1. Berani Memulai

Kebanyakan dari kita mempunyai segudang ide dan gagasan, namun hanya sedikit dari kita yang tidak berani mengimplementasikan ide gagasannya itu lantaran beberapa faktor tadi sehingga ide dan gagasan itu akan terlupakan begitu saja. Ingat pepatah "Saat Kesiapan Bertemu Kesempatan, Maka Disitulah Akan Ada Kata Kesuksesan". Jika Anda sudah memiliki ide dan kesiapan segeralah memulai usaha itu walau hanya memiliki hasil yang kecil.

2. Kejujuran

Modal yang dimaksud di sini bukanlah uang ataupun dana dalam memulai berusaha. Modal yang dimaksud adalah kejujuran. Bagaimana sikap kita dalam berdagang. Apakah kita menjual barang dengan harga seenaknya sendiri ? Apakah kita curang dalam berdagang ? Kejujuran di sini menjadi titik penting karena berpengaruh terhadap kepercayaan para konsumen kita.  Seperti orang tua saya yang bekerja sebagai penjahit. Di setiap baju yang dia jahit selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik dan memberikan harga yang sebenarnya baik harga kain, harga pernak-pernik pakaian dsb. Akhirnya banyak para pelanggan yang puas dan terus kembali menjahitkan baju-bajunya.

3. Membangun Networking

Dengan kejujuran menghasilan kepercayaan. Dengan kepercayaan menambah pelanggan. Bila Anda sebagai pedagang mampu mempertahankan kepercayaan pelanggan Anda maka kita telah dinilai memiliki kredibilitas yang baik dan tanpa Anda sadari pelanggan setia Anda ikut menambah luas jaringan daganan Anda. Mereka akan bercerita ke temannya bahwa Anda memiliki barang dagangan dengan harga dan kualitas bagus.

4. ATM (Amati Tiru Modifikasi)

Di era globalisasi ini berdagang gitu-gitu aja maka tidak akan berhasil. Kita memerlukan pemikiran cerdik. Kita dapat mengikuti cara yang telah dilakukan oleh orang yang terlebih dahulu berhasil dibanding dengan kita.  Apa yang mereka jual ? Bagaimana mereka memasarkan produknya ? Bagaimana mereka menghadapi kesulitan saat usahanya sepi ? Namun mengikuti apa yang mereka lakukan dengann sama persis pun masih kurang tepat dan kurang bagus. Kita memerlukan inovasi lebih. Lebih berbeda, unik & bagus. Bila di warung sana Rp 500 kita dapat nasi pecel, maka di warung kita Rp 500 akan dapat nasi pecel + tempe. Itulah yang disebut ATM.

5. Kerja Keras

Hal terakhir yang dibutuhkan adalah semangat juang. Sebagai generasi penerus bangsa sudah selayaknya kita harus mempunyai semangat juang yang tinggi. Malu donk dengan para pahlawan kita dahulu yang berjuang mati-matian dalam membela kemerdekan bumi pertiwi. Tak ada pedagang sukses yang tak mengalami jatuh bangun usahanya. Mereka pasti pernah tetap berjualan walaupun merugi hanya untuk tetap mempertahankan konsumennya. Pepatah mengatakan "Bersakit-sakit dahulu baru bersenang-senang kemudian".  Jadi ketika usaha dagang kita sedang terkena badai ingatlah bahwa setelah itu akan terbit mentari yang cerah. Jadi jangan patah semangat :!:

Postingan populer dari blog ini

Arti Kata "True"

Kata "True" memang sudah sering kita dengar di kehidupan sehari-hari kita. Bila kita membuka dalam Kamus Besar Bahasa Inggris kata "True" berarti benar. Namun kata "True" sendiri memiliki banyak pengertian yang berbeda selain yang baru saja Bang Arsip sebutkan barusan. Hal tersebut tergantung dari pasangan kata yang digunakan. Bang Arsip telah mengumpulkan beberapa kata yang biasa dipasangkan dengan kata "True"

Membuat Cover CD dengan Microsoft Word

Teman-teman pasti pernah merasa takut kehilangan data yang tersimpan di komputer oleh karena itu teman-teman memburning data mereka ke dalam CD. Kemudian memberikan nama di CD ataupun DVD itu yang mencerminkan isi dari file yang ada di dalamnya. Tapi apakah memberikan nama di CD dengan hanya menuliskan nama itu dengan spidol itu sudah cukup. Mas Hang rasa itu memang sangat simple dan cara yang cepat untuk memberikan nama. Namun bila CD ataupun DVD kita tadi sudah banyak maka akan memperlambat kita dalam mencari file yang kita butuhkan. Salah satu hal yang dapat mempermudahnya adalah dengan memberikan cover CD yang berbeda antara satu CD dengan CD yang lain.

Lihat saja para penjual kaset CD di pinggir jalan. Merekan telah menerapkan ilmu manajemen file. Mereka dengan mudahnya menemukan apa yang kita karena apa yang dia jual telah diberikan cover yang menarik dan berbeda antara satu dengan yang lain. Nah bila Sahabat Arsip bertanya
Bagaimana cara membuat cover CD itu Mas? Gampang kuk t…

Tips Manajemen File dan Data yang Baik di Komputer

Bagi orang kantoran khususnya yang bekerja di depan komputer tentunya sudah setiap hari kita disodori pekerjaan mengetik yang cukup banyak. File yang kita ketik kemudian kita simpan dalam folder tertentu. Namun cara menyimpan hanya dengan save ke folder tertentu sudah efektif dilakukan ? Apakah file yang kita simpan itu setelah beberapa bulan akan mudah ditemukan lagi bila kita mencari ? Karena berbicara soal administrasi maka kita akan berkutat dengan manajemen file dan data. Di mana data itu harus tersimpan di tempatnya (berdasarkan fungsi, golongan, lokasi, dll) dan mampu untuk ditemukan bila sewaktu-waktu kita memerlukannya.

Berawal dengan kesulitan saya sewaktu menjadi seorang administrasi (background saya sebenarnya adalah di teknik komputer) ketika berkutat dengan banyak data di kantor yang mulai bikin pusing kepala. Kemudian saya berpikir dan mencari solusi yang terbaik. Setelah saya bertanya kepada Mbah Google dan mendapat masukan pula dari atasan saya maka saya dapat mengamb…