Langsung ke konten utama

Orang Pinggiran : Si Penambal Panci

Selalu iba dan kasihan hati ini, tatkala melihat yang sudah tua renta masih saja harus bekerja. Bukanlah seharusnya mereka di rumah menikmati masa tuanya. Sudah dua kali Bang Arsip melihat orang yang sudah tua renta. Pertama adalah Pemulung di Taman Dayu, dan yang kedua adalah Lelaki Tua Penambal Panci.

Ketika melihat orang-orang ini teringat akan salah satu acara di layar kaca Indonesia yang berjudul "Orang Pinggiran". Ingin sekali Bang Arsip membantu namun dengan tidak memberinya uang karena dia bukanlah pengemis. Bang Arsip ingin untuk menambal panci juga, namun sayang ternyata tidak ada panci yang bocor di rumah.
Tapi Allah Maha Adil, Dia masih menyisakan sedikit riski untuk si penambal panci ini agar tetap bisa mengepulkan asap dapur.

Dalam hatiku berkata, "Orang yang sudah tua gini apa tidak punya anak, kok masih saja harus bekerja keras di tengah siang bolong yang panasnya minta ampun". Aku ada acara penjepretan lo gak salah jadi aku keluar. Setiba aku di rumah, bundaku bercerita bahwa ternyata si penambal panci tadi kakinya pincang. Duh kasihan banget :(. Bagaimana perasaan kalian bila melihat keadaan seperti ini ?

Postingan populer dari blog ini

Arti Kata "True"

Kata "True" memang sudah sering kita dengar di kehidupan sehari-hari kita. Bila kita membuka dalam Kamus Besar Bahasa Inggris kata "True" berarti benar. Namun kata "True" sendiri memiliki banyak pengertian yang berbeda selain yang baru saja Bang Arsip sebutkan barusan. Hal tersebut tergantung dari pasangan kata yang digunakan. Bang Arsip telah mengumpulkan beberapa kata yang biasa dipasangkan dengan kata "True"

Membuat Cover CD dengan Microsoft Word

Teman-teman pasti pernah merasa takut kehilangan data yang tersimpan di komputer oleh karena itu teman-teman memburning data mereka ke dalam CD. Kemudian memberikan nama di CD ataupun DVD itu yang mencerminkan isi dari file yang ada di dalamnya. Tapi apakah memberikan nama di CD dengan hanya menuliskan nama itu dengan spidol itu sudah cukup. Mas Hang rasa itu memang sangat simple dan cara yang cepat untuk memberikan nama. Namun bila CD ataupun DVD kita tadi sudah banyak maka akan memperlambat kita dalam mencari file yang kita butuhkan. Salah satu hal yang dapat mempermudahnya adalah dengan memberikan cover CD yang berbeda antara satu CD dengan CD yang lain.

Lihat saja para penjual kaset CD di pinggir jalan. Merekan telah menerapkan ilmu manajemen file. Mereka dengan mudahnya menemukan apa yang kita karena apa yang dia jual telah diberikan cover yang menarik dan berbeda antara satu dengan yang lain. Nah bila Sahabat Arsip bertanya
Bagaimana cara membuat cover CD itu Mas? Gampang kuk t…

Tips Manajemen File dan Data yang Baik di Komputer

Bagi orang kantoran khususnya yang bekerja di depan komputer tentunya sudah setiap hari kita disodori pekerjaan mengetik yang cukup banyak. File yang kita ketik kemudian kita simpan dalam folder tertentu. Namun cara menyimpan hanya dengan save ke folder tertentu sudah efektif dilakukan ? Apakah file yang kita simpan itu setelah beberapa bulan akan mudah ditemukan lagi bila kita mencari ? Karena berbicara soal administrasi maka kita akan berkutat dengan manajemen file dan data. Di mana data itu harus tersimpan di tempatnya (berdasarkan fungsi, golongan, lokasi, dll) dan mampu untuk ditemukan bila sewaktu-waktu kita memerlukannya.

Berawal dengan kesulitan saya sewaktu menjadi seorang administrasi (background saya sebenarnya adalah di teknik komputer) ketika berkutat dengan banyak data di kantor yang mulai bikin pusing kepala. Kemudian saya berpikir dan mencari solusi yang terbaik. Setelah saya bertanya kepada Mbah Google dan mendapat masukan pula dari atasan saya maka saya dapat mengamb…