Masyarakat Indonesia Masih Belum Mampu Menjaga Kebersihan

Beberapa hari yang lalu aku bersama teman-teman hangout untuk makan di "Lesehan Bambu Air". Waktu itu aku datang lebih awal daripada teman-temanku. Kebetulan hari itu aku membawa kamera, karena memang ada acara ulang tahun (ceritanya makan di sini itu ditraktir hihihihi :P).



Ketika sampai di TKP (Tempat Kejadian Permakanan) aku agak terkejut dengan pemandangan sekitar tempat lesehan itu.
Seperti yang terlihat di foto tersebut, bahwa banyak sampah berserakan di mana-mana. Tanda bahwa masyarakat sekitar masih membuang sampah sembarangan. Hal ini mengingatkanku ketika berkunjung ke Cangar beberapa bulan yang lalu. Di sana malah tambah lebih daripada di sini. Banyak sampah-sampah berserakan di area wisata tersebut. Lihat fotonya di sini.

Jadi agak prihatin lo melihat tempat wisata yang aslinya bagus dan indah namun jadi jelek dan kotor karena manusianya tidak mampu menjaga dan melestarikan. Ini juga bukti kurangnya kepedulian dari pihak pengelola wisata akan kebersihan tempat wisata.

Buat pembaca yang budiman marilah kita jaga negeri kita. Gak malu ama tetangga kita Singapura dan Malaysia yang bersih negerinya !!!. Pernah aku melihat di Guiness Book of Records k'lo tidak salah bahwa Singapura termasuk negara terbersih di dunia.

Tahukah kenapa mereka bisa termasuk negara terbersih ?
Di sana terdapat peraturan yang sangat ketat dalam hal kebersihan. Yaitu memberi hukuman kepada mereka yang melanggar peratura kebersihan dengan membuang sampah sembarangan. Ketika aku melihat tayangan itu di TV saat itu ada sekelompok warga di sana yang menunjukkan kepada pihak berwenang bahwa ada permen karet di langit-langit sebuah gedung. Aneh juga kenapa bisa ada permen karet di langit-langit gedung. Namun memang begitulah yang terjadi.

Mungkin bila di Indonesia diterapkan peraturan seperti ini pasti Pak Polisi akan kewalahan mendata orang-orang yang melanggar karena terlalu banyaknya warga yang masih belum sadar akan arti penting sebuah kebersihan. Padahal kesehatan itu berawal dari kebersihan.

Lingkungan yang sehat membawa tubuh yang sehat
Jadi buat kalian yang telah membaca artikel ini penulis berharap agar dapat mampu menjaga kebersihannya.
Ada beberapa tips untuk memulai kebiasaan menjaga kebersihan :
  1. Kunjungilah TPA (Tempat Pembuangan Akhir) : kenapa harus mengunjungi TPA ? Dengan mengunjungi TPA diharapkan Anda akan sadar bahwa setiap hari itu banyak sampah yang kita hasilkan dan banyak dari sampah itu yang tidak dapat di daur ulang. Apakah Anda akan cuek saja setelah melihat itu ? It's up to you.
  2. Jika Anda bukan termasuk orang yang cuek, maka mulailah PILAH, pilahlah antara sampah yang dapat didaur ulang dengan yang tidak dapat didaur ulang.
  3. Setelah sampah itu berhasil kita pilah-pilah kita bisa mengelola sampah itu menjadi barang yang bernila seperti kerajinan.
  4. Jadi dapat disimpulkan bahwa tak hanya aja waktu aja yang uang tapi sampah pun juga uang bagi mereka yang dapat memanfaatkannya dengan baik.

INSTAGRAM FEED

@soratemplates