Langsung ke konten utama

Ketika Ide Anda Tidak Disetujui

Apa sich ide itu ?
Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), ide adalah rancangan yang tersusun dalam pikiran.
Menurutku ide adalah gagasan baru tentang suatu hal yang bisa bermanfaat.

Manusia dibekali oleh Allah SWT dengan akal pikiran (otak), otak adalah processor yang sangat canggih. Dengan otak ini kita banyak menghasilkan ide. Terutama dalam bekerja, ide dan gagasan sangat diperlukan. Namun, tak selamanya ide yang Anda punya dapat diapresiasikan karena atasan Anda kurang setuju.

Mengapa ide kita itu tidak diterima oleh atasan ?

Mungking atasan Anda kurang suka pada Anda hahahahaha. Agar ide kita dapat diterima oleh atasan ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan :
  1. Cara penyampaian : Sebagus apapun ide yang Anda miliki, namun bila tidak mampu menjualnya sama saja bohong. Misalnya : Sebagus apapun handphone yang dibuat oleh perusahaan telekomunikasi dengan feature yang lengkap, namun bila dia tidak mempunyai marketing yang bagus, maka tidak akan laku handphone itu di pasaran. Oleh karena itu kemampuan komunikasi yang bagus sangat diperlukan dalam proses penyampaian ide kita.
  2. Goal : Ide yang tidak ada hubungannya dengan business plan (rencana bisnis) dan problem yang terjadi di perusahaan. Maka ide itu tidak akan dianggap menarik. Misalnya : Di perusahaan Anda sering terjadi kehilangan barang. kemudian Anda mempunyai usul untuk memasang CCTV. Kemungkinan besar ide Anda itu bisa akan diterima. Tentunya bila Anda mampu menyampaikan ide itu dengan baik.
  3. Fakta : Bila Anda sudah mempunyai ide yang bagus dan sudah sesuai dengan goal perusahaan dan sudah mampu pula menyampaikan dengan baik. Yang terakhir dan terpenting adalah Anda harus mampu menyediakan fakta yaitu contoh riil dari ide Anda. Misalnya : Anda mempunyai ide memasang CCTV. Pastinya atasan Anda akan bertanya apakah dengan memasang CCTV akan mengurangi tingkat kehilangan barang yang sering terjadi. Coba Anda sajikan data perusahaan yang telah memasang CCTV dan di perusahaan itu aman dari pencurian. Maka atasan Anda akan tertarik untuk memasang CCTV.
Bagaimana bila 3 hal di atas telah dipraktekkan dan ternyata nihil ?

Bila 3 hal diatas telah Anda lakukan namun hasilnya masih nihil. Hal tersebut berarti waktunya belum pas. Belum pas bisa diartikan bahwa waktu Anda menyampaikan ide tersebut cash flow perusahaan Anda sedang buruk sehingga perusahaan tidak akan menggunakan ide Anda untuk sementara waktu.

Jangan berkecil hati dulu. Hal itu bukan berarti ide Anda sudah ditolak. Tetaplah simpan data yang telah Anda kumpulkan dan bila perlu kembangkan lagi ide itu. Karena mungkin saja ide iut akan dibutuhkan suatu saat kelak. Entah di perusahaan di tempat Anda bekerja sekarang ataupun di perusahaan lain.


Galilah kemampuan Anda dalam mempunyai gagasan/ide, tapi jangan sampai menggali ide tetangga karena itu namanya pencurian. Karena sakit rasanya kita capek mikir dan ngerjain tapi yang dapat untung orang lain.

Lihat film The Social Network di situ Anda akan melihat bahwa ide itu mahal harganya.

Postingan populer dari blog ini

Arti Kata "True"

Kata "True" memang sudah sering kita dengar di kehidupan sehari-hari kita. Bila kita membuka dalam Kamus Besar Bahasa Inggris kata "True" berarti benar. Namun kata "True" sendiri memiliki banyak pengertian yang berbeda selain yang baru saja Bang Arsip sebutkan barusan. Hal tersebut tergantung dari pasangan kata yang digunakan. Bang Arsip telah mengumpulkan beberapa kata yang biasa dipasangkan dengan kata "True"

Membuat Cover CD dengan Microsoft Word

Teman-teman pasti pernah merasa takut kehilangan data yang tersimpan di komputer oleh karena itu teman-teman memburning data mereka ke dalam CD. Kemudian memberikan nama di CD ataupun DVD itu yang mencerminkan isi dari file yang ada di dalamnya. Tapi apakah memberikan nama di CD dengan hanya menuliskan nama itu dengan spidol itu sudah cukup. Mas Hang rasa itu memang sangat simple dan cara yang cepat untuk memberikan nama. Namun bila CD ataupun DVD kita tadi sudah banyak maka akan memperlambat kita dalam mencari file yang kita butuhkan. Salah satu hal yang dapat mempermudahnya adalah dengan memberikan cover CD yang berbeda antara satu CD dengan CD yang lain.

Lihat saja para penjual kaset CD di pinggir jalan. Merekan telah menerapkan ilmu manajemen file. Mereka dengan mudahnya menemukan apa yang kita karena apa yang dia jual telah diberikan cover yang menarik dan berbeda antara satu dengan yang lain. Nah bila Sahabat Arsip bertanya
Bagaimana cara membuat cover CD itu Mas? Gampang kuk t…

Tips Manajemen File dan Data yang Baik di Komputer

Bagi orang kantoran khususnya yang bekerja di depan komputer tentunya sudah setiap hari kita disodori pekerjaan mengetik yang cukup banyak. File yang kita ketik kemudian kita simpan dalam folder tertentu. Namun cara menyimpan hanya dengan save ke folder tertentu sudah efektif dilakukan ? Apakah file yang kita simpan itu setelah beberapa bulan akan mudah ditemukan lagi bila kita mencari ? Karena berbicara soal administrasi maka kita akan berkutat dengan manajemen file dan data. Di mana data itu harus tersimpan di tempatnya (berdasarkan fungsi, golongan, lokasi, dll) dan mampu untuk ditemukan bila sewaktu-waktu kita memerlukannya.

Berawal dengan kesulitan saya sewaktu menjadi seorang administrasi (background saya sebenarnya adalah di teknik komputer) ketika berkutat dengan banyak data di kantor yang mulai bikin pusing kepala. Kemudian saya berpikir dan mencari solusi yang terbaik. Setelah saya bertanya kepada Mbah Google dan mendapat masukan pula dari atasan saya maka saya dapat mengamb…