• Sabtu, 22 September 2012

    Ketika Ide Anda Tidak Disetujui

    Apa sich ide itu ?
    Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), ide adalah rancangan yang tersusun dalam pikiran.
    Menurutku ide adalah gagasan baru tentang suatu hal yang bisa bermanfaat.

    Manusia dibekali oleh Allah SWT dengan akal pikiran (otak), otak adalah processor yang sangat canggih. Dengan otak ini kita banyak menghasilkan ide. Terutama dalam bekerja, ide dan gagasan sangat diperlukan. Namun, tak selamanya ide yang Anda punya dapat diapresiasikan karena atasan Anda kurang setuju.

    Mengapa ide kita itu tidak diterima oleh atasan ?

    Mungking atasan Anda kurang suka pada Anda hahahahaha. Agar ide kita dapat diterima oleh atasan ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan :
    1. Cara penyampaian : Sebagus apapun ide yang Anda miliki, namun bila tidak mampu menjualnya sama saja bohong. Misalnya : Sebagus apapun handphone yang dibuat oleh perusahaan telekomunikasi dengan feature yang lengkap, namun bila dia tidak mempunyai marketing yang bagus, maka tidak akan laku handphone itu di pasaran. Oleh karena itu kemampuan komunikasi yang bagus sangat diperlukan dalam proses penyampaian ide kita.
    2. Goal : Ide yang tidak ada hubungannya dengan business plan (rencana bisnis) dan problem yang terjadi di perusahaan. Maka ide itu tidak akan dianggap menarik. Misalnya : Di perusahaan Anda sering terjadi kehilangan barang. kemudian Anda mempunyai usul untuk memasang CCTV. Kemungkinan besar ide Anda itu bisa akan diterima. Tentunya bila Anda mampu menyampaikan ide itu dengan baik.
    3. Fakta : Bila Anda sudah mempunyai ide yang bagus dan sudah sesuai dengan goal perusahaan dan sudah mampu pula menyampaikan dengan baik. Yang terakhir dan terpenting adalah Anda harus mampu menyediakan fakta yaitu contoh riil dari ide Anda. Misalnya : Anda mempunyai ide memasang CCTV. Pastinya atasan Anda akan bertanya apakah dengan memasang CCTV akan mengurangi tingkat kehilangan barang yang sering terjadi. Coba Anda sajikan data perusahaan yang telah memasang CCTV dan di perusahaan itu aman dari pencurian. Maka atasan Anda akan tertarik untuk memasang CCTV.
    Bagaimana bila 3 hal di atas telah dipraktekkan dan ternyata nihil ?

    Bila 3 hal diatas telah Anda lakukan namun hasilnya masih nihil. Hal tersebut berarti waktunya belum pas. Belum pas bisa diartikan bahwa waktu Anda menyampaikan ide tersebut cash flow perusahaan Anda sedang buruk sehingga perusahaan tidak akan menggunakan ide Anda untuk sementara waktu.

    Jangan berkecil hati dulu. Hal itu bukan berarti ide Anda sudah ditolak. Tetaplah simpan data yang telah Anda kumpulkan dan bila perlu kembangkan lagi ide itu. Karena mungkin saja ide iut akan dibutuhkan suatu saat kelak. Entah di perusahaan di tempat Anda bekerja sekarang ataupun di perusahaan lain.


    Galilah kemampuan Anda dalam mempunyai gagasan/ide, tapi jangan sampai menggali ide tetangga karena itu namanya pencurian. Karena sakit rasanya kita capek mikir dan ngerjain tapi yang dapat untung orang lain.

    Lihat film The Social Network di situ Anda akan melihat bahwa ide itu mahal harganya.

    Penulis : Hanggar PS Lokasi : Jawa Timur, Indonesia

    Photograper and Graphic Designer Capture Your Best Moments - Setiap momen dalam kehidupan akan menjadi sebuah kenangan. Abadikan setiap momen bahagia kalian untuk dikenang di masa yang akan datang