Siapa dan Mengapa yang Memerlukan Outbound ?

Sudah tahu kan pengertian outbound itu apa ? Outbond adalah salah satu metode modern pembelajaran leadership dan manajemen dengan memanfaatkan alam terbuka dan menggunakan pendekatan yang unik dan sederhana tetapi efektif yaitu dengan langsung menerapkan pada elemen-elemen yang mendasar yang bersifat sehari-hari (seperti saling percaya, saling memperhatikan serta sikap proaktif dan komunikatif terhadap rekan/teman satu kelompok.


Belakangan ini banyak bermunculan tempat-tempat outbond khususnya di daerah-daerah yang memiliki wilayah alam yang cukup bagus seperti di Malang, Trawas, Tretes dsb. Ada tempat-tempat yang memang mereka khusus menyediakan tempat outbound saja, namun ada juga hotel yang menyediakan fasilitas outbound seperti di Hotel Grand Trawas. Di hotel yang satu ini menawarkan fasilitas outbound yang cukup menarik, seperti : Flying Fox, Game Kata Simon, dll.

Nah bermunculan tempat-tempat outbound ini pastinya tidak lepas dari yang namanya kebutuhan. Ibarat bila ada orang yang lapar pasti akan ada orang yang berjual makanan. Nah bermunculannya tempat outbound ini karena terdapat cukup banyak masyarakat yang lapar akan kegiatan training yang dilaksanakan di alam, khususnya adalah masyarakat modern yang tinggal di daerah perkotaan. Merekalah yang paling sering menggunakan kegiatan outbound seperti ini karena mereka tinggal di daerah perkotaan yang jauh dari alam, sehingga melakukan kegiatan outbound seperti ini memang penting untuk mengurangi kejenuhan dalam bekerja.

Maka dari itu bila ditanya "Siapa yang Memerlukan Outbond ?", saya akan menjawab :
"Orang zaman sekarang adalah orang-orang yang memerlukan kegiatan outbound. Kalo' orang zaman dahulu tidak perlu outbound karena hidupnya sendiri memang sudah outbound ^_^."
Dan bila ditanya "Mengapa perlu Outbound ?", saya akan menjawab seperti rata-rata banyak orang :
  1. Untuk melatih kepemimpinan (leadership) dan manajemen (manajerial)
  2. Untuk meningkatkan kekompakan tim
  3. Untuk mengurangi kejenuhan pikiran dari rutinitas sehari-hari
  4. dll
Dua hal yang dapat saya simpulkan di sini adalah bahwa :
  1. Kita itu adalah bodoh karena mau menggunakan jasa kegiatan outbound, karena sebenarnya kegiatan seperti itu adalah kegiatan yang sering dilakukan oleh kita di masa dulu jadi kenapa kita harus menggunakan jasa-jasa seperti itu.
  2. Para pemilik tempat outbound adalah orang yang pintar karena mampu mengemas kegiatan yang sering dilakukan kita di zaman dulu menjadi kegiatan yang menarik orang bodoh seperti kita dan menghasilkan uang dari kegiatan itu.
Terima kasih sudah membaca. Apa yang penulis sampaikan hanyalah dari sudut pandang penulis saja, jadi bila ada kata-kata yang kurang berkenan penulis minta maaf dan mohon sarannya.

INSTAGRAM FEED

@soratemplates