Bagaimana Menjadi Pemimpin/Leader yang Baik


Kemarin tanggal 1 Juni 2012 ada training lagi. Kali ini training ini tentang "Effective Leadership". Yah di training yang kali ini diberikan knowledge tentang :

  1. Apa itu leadership ?
  2. Ada berapa macam model leadership ?
  3. Dan bagaimana menjadi leader yang baik ?
Walaupun saya hanya menjadi juru camera lumayan saya mendapatkan tambahan ilmu juga ^_^. Saya akan berbagi kepada teman - teman atas training itu. Namun hanya 1 point saja yang ingin saya bagi kepada teman - teman. Yaitu point yang no 3 tentang
Bagaimana menjadi leader yang baik ?
Cara untuk menjadi leader yang baik itu mudah sekali caranya. Bila kita ingin menjadi leader yang baik maka kita harus menjadi follower yang baik juga dengan kata lain bila seseorang itu mampu menjadi bawahan yang baik maka secara otomatis dia akan menjadi pemimpin yang baik pula.

Gambarannya adalah seperti ini. Si A sebagai atasan menyuruh anak buahnya untuk menyelesaikan tugas - tugasnya hari ini juga. Tapi Si A ketika diperintah atasannya untuk menyelesaikan tugas - tugasnya hari ini dia banyak beralasan. Bagaiamana sikap bawahan mengetahui hal ini. Pasti si bawahan akan merasa kecewa.
"Ih gitu kuk nyuruh kita nyelesain tugas hari ini tak perduli alasan apapun. La dia disuruh atasannya masih ngeles ?", itu yang akan terucap dari mulut bawahan kita.
Jadi citra seorang atasan sebagai follower yang baik itu akan ditiru oleh bawahannya sendiri.

Itu saja sedikit ilmu yang bisa saya bagikan kali ini. Semoga bermanfaat. ^_^

INSTAGRAM FEED

@soratemplates