Konsep Perubahan

Perubahan

Seharian aku hari ini menjadi seksi dokumentasi di acara "Training Problem Solving & Decision Making". Dalam kata sambutan ada pembicara yang berkata mengenai konsep perubahan. Lo kenapa bicara konsep perubahan padahal kan temanya adalah mengatasi masalah dan membuat keputusan ??? Konsep perubahan di sini diceritakan karena harapan para pembicara dan pemilik perusahaan yang menyelenggarakan training ini adalah agar para peserta setelah mendapat training ini mereka dapat berubah ke arah yang lebih baik. Lebih baik dalam memecahkan masalah dengan mencari jalan keluar bukan mencari siapa yang salah.


Jadi apa sajakah konsep perubahan itu ???
Ada 3 konsep perubahan yang disebutkan oleh pembicara kita Bpk. Joko Kurniawan selaku penanggung jawab training hari itu :

Pertama : Need

Bila kita ingin berubah kita memerlukan yang namanya need yaitu kebutuhan. Kebutuhan akan berubah. Mudahnya bila ada orang yang ingin berhenti dari mabuk - mabukan maka dalam pikirannya harus ditancapkan dia itu butuh berubah. Kenapa butuh berubah karena mungkin pacarnya gak mau dinikahin bila dia masih mabuk - mabukan.

Kedua : Tutor
Setelah kita mempunyai kebutuhan untuk berubah maka selanjutnya yang kita perlukan adalah tutor/guru. Bila ingin berhenti mabuk - mabukan carilah tutor kyai, ahli ulama, atau mantan pemabuk yang sudah insyaf. Tanya kepada mereka bagaimana cara agar berhenti mabuk. Atau bisa juga tanya ke dokter. Mengapa ke dokter ??? Tanyalah apa bahaya dari mabuk - mabukan dalam jangka panjang. Dengan mengetahui bahayanya mungkin bisa mengurangi keinginan untuk mabuk - mabukan.

Ketiga : Environment

Kebutuhan sudah dapet, guru pun juga sudah ada jadi yang terakhir yang dibutuhkan adalah lingkungan yang mendukung untuk perubahan tersebut. Bila ingin berhenti mabuk yang jangan kumpul dengan para pemabuk. Karena meskipun punya kebutuhan untuk berubah dan guru yang memberikan jalan atau arah yang benar ke arah perubahan tapi bila lingkungan tidak mendukung yang mustahil. Seperti STMJT (Salat Tekun Maksiat Jalan Terus).

Itulah sedikit hal yang dapat saya sharingkan kepada para pembaca yang budiman setelah saya seharian ikut dalam training walaupun tidak sebagai peserta. Semoga bermanfaat ^_^.

INSTAGRAM FEED

@soratemplates